BERITA UTAMA

AKN VI BPK Selenggarakan Rapat Evaluasi untuk Persiapan PemeriksaanTematik Semester II 2019

29 Mei 2019

Untuk melakukan evaluasi atas kekurangan yang ada dalam pelaksanaan kegiatan Semester I Tahun 2019, Auditorat Utama Keuangan Negara VI (AKN VI) menggelar rapat evaluasi kegiatan semester I tahun 2019 di lingkungan AKN VI di Jakarta, pada Rabu (29/5). Rapat dihadiri oleh para Kepala Perwakilan di Wilayah Timur, Pemeriksa Utama, dan para pejabat structural dan fungsional pemeriksa.

Saat membuka kegiatan, Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa menyatakan bahwa hingga tanggal 28 Mei 2019, AKN VI telah menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk 18 provinsi yang berada di wilayah pemeriksaan AKN VI. Pada semester II 2019, BPK akan memprioritaskan pada pemeriksaan kinerja, dimana AKN VI akan melaksanakan pemeriksaan kinerja tematik bidang kesehatan dan pendidikan.

Berkaitan dengan hal tersebut, beliau berharap rapat evaluasi dapat digunakan untuk mempelajari kekurangan yang ada dalam pelaksanaan kegiatan semester I dan memperbaikinya pada kegiatan pemeriksaan di semester II. Selain itu, setiap perwakilan diharapkan untuk melakukan komunikasi yang baik dengan entitas dalam proses pemeriksaan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, yang hadir memberikan pengarahan saat penutupan acara mengatakan bahwa dalam Rencana Strategis (Renstra) BPK 2016-2020, telah ditetapkan bahwa BPK akan meningkatkan pemeriksaan kinerja. Hal ini sejalan dengan upaya BPK untuk mengawal program-program pemerintah yang dapat meningkatkan kemakmuran rakyat.

“Saya mengharapkan pemeriksaan bidang kesehatan dan bidang pendidikan dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program pemerintah”, ungkap Harry.

Pada kegiatan ini, selain mendengarkan beberapa paparan dari narasumber, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdialog dengan Anggota VI BPK terkait pemeriksaan di wilayahnya masing-masing.