BERITA UTAMA

Almarhum Anggota BPK Eddy Mulyadi Soepardi Dimakamkan di Bogor

08 Januari 2019

Suasana duka menyelimuti kediaman Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) VII BPK, Eddy Mulyadi
Soepardi
dalam prosesi pelepasan jenazah di Komplek Pakuan, Jalan Siliwangi, Cijujung, Sentul, Bogor,
Jawa Barat. Beliau wafat dalam usia 64 tahun pada Senin (7/01) sekitar pukul 23.30 WIB, di Rumah Sakit
Metropolitan Medical Centre Jakarta.

Upacara pelepasan jenazah dipimpin oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dengan didampingi oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK, Achsanul Qosasi, Anggota IV BPK, Rizal Djalil, Anggota V BPK, Isma Yatun, dan Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, pada Selasa (8/01).

Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif memulai upacara pelepasan jenazah dengan membacakan riwayat hidup singkat almarhum, sejak mulai berkarir sebagai pejabat dan auditor di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dari tahun 1986 – 2014 dengan jabatan terakhir Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi. Almarhum juga pernah menjabat sebagai komisaris di beberapa Badan Usaha Milik Negara seperti PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura, dan PT. PAL

Ketua BPK, yang melepas kepergian almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya mengungkapkan semasa hidupnya Almarhum adalah seorang auditor yang handal. Eddy Mulyadi Soepardi menjabat sebagai Anggota III BPK dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 dan menjabat sebagai Anggota VII BPK dari tahun 2017 sampai dengan sekarang. Almarhum adalah figur yang bijak, tegas, pengayom dan teguh pada prinsip. Sebagai Anggota BPK, beliau telah menunjukan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

“Kami sangat kehilangan kearifan, intuisi audit dan figur Almarhum. Sumbangan beliau dalam membangun BPK sangat besar, terutama dalam pemeriksaan investigasi. Beliau menjabat sebagai koordinator pemeriksaan investigasi di BPK, ditengah-tengah upaya kita semua menjadikan BPK sebagai lembaga pemeriksa yang profesional, independen dan berintegritas”, ungkap Ketua BPK.

Setelah dilepas oleh Ketua BPK, pada hari yang sama jenazah dishalatkan di Masjid Al-Kautsar Universitas Pakuan Bogor dan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Dreded, di Bogor, Jawa Barat.

Selain Ketua BPK, turut hadir pula di kediaman almarhum, pimpinan kementerian/ lembaga dan BUMN, serta para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPK.