BERITA UTAMA

Andrew Pope Mengakhiri Penugasannya sebagai ANAO Senior Adviser untuk BPK

15 Februari 2019

Andrew Pope secara resmi mengakhiri periode penugasannya sebagai Senior Adviser dari Australian National Audit Office (ANAO) untuk BPKselama tiga tahun, dari Februari 2016 sampai dengan Februari, 2019.Pada laporan akhir masa penugasannya, Pope menyampaikan hasil observasi atas pengembangan kapasitas pemeriksaan BPK, terutama pada area pemeriksaan kinerja pada Sidang Badan tanggal 13 Februari 2019 di Kantor Pusat BPK, Jakarta.

Penugasan Pope sebagai Senior Adviser untuk BPK tersebut merupakan bagian dari implementasi kerja sama bilateral BPK dengan ANAO dibawah Government Partnership Fund (GPF) yang kemudian dilanjutkan dengan Program Kemitraan Ekonomi Indonesia Australia atau Prospera. Selama masa penugasannya di BPK, Andrew Pope berkontribusi membantu BPK dalam area pemeriksaan kinerja, penjaminan mutu pemeriksaan dan pengembangan organisasi.

Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan perkenalan pengganti Pope yaitu Kristian Gage yang akan bertugas hingga tahun 2021. Kristian Gage memiliki pengalaman sebagai Executive Directordi ANAO dan memiliki kompetensi pada bidang pemeriksaan keuangan, manajemen risiko serta perencanaan strategis.

Sebelumnya, Pope juga berpamitan secara resmi kepada Ketua dan Wakil Ketua BPK di ruang kerja masing-masing. Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas peran pendampingan Pope kepada BPK, terutama dalam pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja. Beliau juga berharap agar Kristian Gage dapat meneruskan kerja sama yang telah terjalin dengan baik dalam rangka kerja sama peningkatan kapasitas BPK dan ANAO.

Selanjutnya Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, menyampaikan bahwa Pope telah dapat memenuhi harapan penugasan program deployment di BPK, yaitu tidak hanya mengembangkan kapasitas pemeriksaan BPK namun juga sebagai counterpartdalam berdiskusi dan berbagi pengetahuan, Beliau juga mengharapkan masukan Kristian Gage dalam rangka peningkatan kualitas dan manfaat pemeriksaan BPK.