BERITA UTAMA

Anggota BPK Paparkan tugas dan Fungsi BPK dalam Kuliah Umum di UNJ

13 April 2017

Kuliah umum bertajuk “Peran BPK dalam Mendukung Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara” yang digelar di Aula Latief Hendradiningrat Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur pada Rabu (12/4/2017) menghadirkan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan, Bahrullah Akbar sebagai pembicara.

Anggota BPK memaparkan bahwa BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan demikian BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat terwujud yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Selain itu, Anggota BPK juga menguraikan fungsi audit BPK, pengertian keuangan negara dan keuangan daerah, penerapan akrual basis, dan dana desa. Anggota BPK mengatakan hasil amendemen UUD 1945 memberi kekuasaan auditif kepada BPK untuk melengkapi kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang sudah ada selama ini. "Kalau trias politika memiliki kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif, maka kini juga ada kekuasaan auditif," ungkapnya dihadapan ratusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) UNJ.

Sementara itu, Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang juga menjadi pembicara dalam kuliah umum tersebut mengingatkan kepada para mahasiswa akan perlunya menerapkan Pancasila dalam berkehidupan berbangsa bernegara menuju bangsa yang maju dan mandiri. “Pendidikan Pancasila harus kembali menjadi pelajaran utama yang diajarkan di sekolah-sekolah. Ini mengingat, nilai-nilai Pancasila saat ini mulai memudar di kalangan generasi muda,” ungkapnya.

Kuliah umum dalam rangka BPK Goes to Campus ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya mahasiswa dan para pemangku kepentingan terhadap keberadaan dan fungsi BPK sebagai lembaga pemeriksa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara. Selain Anggota BPK dan Ketua MPR, kuliah umum ini juga dihadir oleh Rektor UNJ, Djaali, dosen UNJ dan staf akademika UNJ.