BERITA UTAMA

Anggota II BPK Paparkan Audit Bencana di INCOSAI XXII Abu Dhabi

12 Desember 2016

Sebagai bagian Kongres ke-22 Asosiasi BPK sedunia, Indonesia mendapat kesempatan memaparkan pengalaman audit bencana di hadapan peserta seminar Knowledge Sharing and Knowledge Services pada hari Jumat tanggal 9 Desember, 2016 di Abu Dhabi.

Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, menjelaskan pengalaman BPK dalam memeriksa pengelolaan bencana pada beberapa bencana yang pernah terjadi di Indonesia yaitu Tsunami Aceh, Gempa Bumi dan Gunung Merapi di Yogyakarta.

Dalam seminar tersebut, Anggota II BPK yang didampingi oleh Tortama KN II BPK, Bahtiar Arif, menekankan pentingnya strategi dan metodologi audit bencana. Strategi tersebut terbagi pada penanganan sebelum bencana, fase bencana dan setelah bencana. Lesson learnt kepada BPK negara lain tentang bagaimana proses dan metodologi audit menjadi isu yang menarik untuk didiskusikan.

Ke depan, Indonesia akan ditunjuk sebagai Project Leader Audit on Disaster Preparedness di komunitas BPK sedunia. Ini merupakan kesempatan baik bagi BPK untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitasnya sebagai lembaga audit yang mumpuni di bidang audit bencana alam.