BERITA UTAMA

Anggota V Tutup Rakor Pemeriksaan dan Kesekretariatan AKN V Tahun 2019

21 November 2019

PEKANBARU, Humas BPK - Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) Bahrullah Akbar menutup kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Auditorat Keuangan Negara (AKN) V Semester II Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pekanbaru, pada Kamis (21/11).

Diikuti oleh lebih kurang 110 peserta yang terdiri dari para Kepala Auditorat, Kepala Perwakilan, Kepala Sekretariat Perwakilan, Kepala Subauditorat, dan pegawai di lingkungan AKN V, rakor kegiatan pemeriksaan dan kesekretariatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan arahan dari Anggota V BPK berupa kebijakan dan fokus kegiatan pemeriksaan Semester II Tahun 2019 dan Tahun 2020.

Anggota V BPK berpesan agar pejabat di lingkungan AKN V yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pemeriksaan hendaknya betul-betul memonitor dan mengendalikan pemeriksaan di lapangan. Hal itu dilakukan agar tim pemeriksa tidak tenggelam dalam suatu permasalahan tertentu yang menghabiskan waktu dan energi.

“Terkait dengan kegiatan pemeriksaan, saya kembali mengingatkan kepada Kepala Auditorat, Kepala Perwakilan, dan Kepala Sub Auditorat hendaknya betul-betul memonitor dan mengendalikan pemeriksaan di lapangan melalui kegiatan supervisi langsung maupun melalui laporan mingguan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Anggota V BPK juga menekankan agar seluruh jajarannya untuk memahami tentang core business BPK. Menurutnya, hal tersebut dibutuhkan dalam rangka mendorong pemerintah lebih transparan dan akuntabel.

Selain itu, juga bisa memberikan nilai tambah pemeriksaan BPK kepada kebijakan pemerintah yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.

Rakor AKN V ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai forum untuk melakukan koordinasi dan evaluasi atas kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja (satker) di Lingkungan AKN V, yaitu Auditorat V.A, Auditorat Pengelolaan Pemeriksaan AKN V dan BPK Perwakilan Wilayah Jawa dan Sumatera.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Auditor Utama Keuangan Negara V BPK Novian Herodwijanto, pada rakor ini AKN V telah mengkoordinasikan berbagai rencana program/kegiatan Semester II Tahun 2019 serta mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pemeriksaan periode sebelumnya sebagai dasar untuk penyempurnaan kualitas hasil pemeriksaan selanjutnya.