BERITA UTAMA

Anggota VI BPK Membuka Workshop Persiapan Pemeriksaan Kinerja Penyelenggaraan Layanan Pendidikan

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan pemeriksaan kinerja atas penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas dan berfokus pada pendidik, guru, dan tenaga kependidikan. Hal itu diungkapkan oleh Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis saat membuka Workshop “Persiapan Pemeriksaan Pendahuluan Tematik Kinerja atas Peningkatan Profesionalisme dan Distribusi Guru dan Tenaga Kependidikan” di Hotel Santika, Jakarta, Selasa (18/7).

Dalam arahannya, Anggota BPK mengatakan, bahwa saat ini pendidikan di Indonesia masih berkutat pada ketersediaan tenaga pendidik, distribusi guru yang belum merata, kualitas guru yang belum memadai, dan rendahnya kompetensi guru, serta masih banyak guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.

Oleh karena itu, BPK akan melakukan pemeriksaan kinerja dalam rangka penilaian penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. “Tahun ini kita akan melakukan pemeriksaan kinerja atas penyediaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dengan tema peningkatan profesionalisme dan distribusi guru dan tenaga kependidikan,” ungkap Anggota BPK.

Sementara itu, Plt. Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK, Barlean Suwondo melaporkan, bahwa workshop ini dihadiri 180 peserta yang terdiri dari auditor dari AKN VI BPK dan 27 BPK Perwakilan. Workshop ini akan dilaksanakan selama tiga hari dan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian PAN-RB.

Melalui workshop ini, diharapkan kerangka pemeriksaan, penjadwalan, dan koordinasi tim pusat dan daerah dapat diperoleh. Selain itu, isu signifikan di lapangan bisa digali dan dijembatani, serta penyelesaiannya dapat dilakukan dengan baik. Sehingga, pelaksanaan pemeriksaan dan pelaporan bisa berjalan dengan lancar.

Bagikan konten ini: