BANNER SLIDE

BPK Awasi Belanja Akhir Tahun

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mewaspadai penggunaan anggaran pemerintah yang terjadi di setiap akhir tahun, termasuk pada tahun ini. Untuk itu, lembaga auditor negara ini bakal memperketat pengawasan.

Ketua BPK Harry Azhar Azis mengatakan, peningkatan pengawasan dilakukan dengan sejumlah tujuan. Pertama, pengawasan ini untuk menyoroti potensi terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran.

Pasalnya, penyerapan dan penggunaan anggaran belanja di akhir tahun rawan dengan penyimpangan. Potensi pelanggaran ini terjadi akibat jumlah anggaran yang digunakan setiap akhir tahun sangat besar, namun waktu pemanfaatan anggaran yang singkat, serta banyaknya proyek atau pekerjaan yang harus dikerjakan.

"Kami khawatir, karena jumlah anggarannya besar, proyeknya banyak, kualitas proyek pemerintah menjadi tidak memadai, sehingga kami perlu jeli melihat ini," kata Harry, Senin (15/12).

Kedua, pengawasan dilakukan untuk melihat efektivitas belanja. Harry menilai, penumpukan penggunaan anggaran menjelang akhir tahun akan mengurangi efektivitas dan manfaat anggaran, khususnya alokasi dana untuk masyarakat.

BPK mengaku akan jeli dalam memeriksa belanja pemerintah, khususnya menguji belanja modal pada akhir tahun. Sebab di dalam belanja modal tersebut termuat anggaran belanja dengan nilai yang relatif besar. "Kami akan merancang sistem pemeriksaan yang bisa menguji transaksi belanja modal di akhir tahun ini supaya semua bisa dilihat secara transparan dan tak ada lagi kasus penyelewengan penggunaan anggaran," katanya. (Agus Triyono)

Harian Kontan

Bagikan konten ini: