BERITA UTAMA

BPK Bersama dengan ASEAN, ASEANSAI dan AIPA Bekerjasama dalam Mendukung Transparansi dan Akuntabilitas

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menggelar seminar bersama yang bertajuk “Laying the Foundation for the Future Cooperation in Promoting Accountability and Transparency in South East Asia” yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (26/2). Seminar ini bertujuan agar kerjasama di antara tiga lembaga entitas ASEAN tersebut akan dapat mengembangkan proposal konkrit untuk berkolaborasi di masa mendatang, serta untuk bekerja bersama untuk membangun transparansi dan akuntabilitas di tingkat regional.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla yang membuka seminar ini secara resmi, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kondisi perekonomian dan informasi pada saat ini menyadari bagaimana betapa pentingnya kerjasama. Negara-negara ASEAN yang selama ini telah bekerjasama selama puluhan tahun telah membuktikan bahwa ASEAN adalah salah satu dari organisasi-organisasi regional yang telah berhasil dalam membina melalui kebersamaan dalam bekerjasama dalam berbagai sektor.

“Bentuk kerjasama dalam dalam dunia audit itu penting, untuk memberikan suatu sistem transparansi dan akuntabilitas dari masing-masing negara” kata Wakil Presiden.

“Saya mengucapkan penghargaan kepada BPK dan seluruh lembaga pemeriksa yang hadir yang telah secara bersama-sama menjalin hubungan yang baik dan dapat membawa suatu hal bermanfaat untuk menciptakan good governance dan transparansi di negaranya masing-masing” ungkap Wakil Presiden.

Selain itu Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dalam sambutannya mengatakan lembaga-lembaga yang hadir memiliki peran penting untuk mencapai tujuan strategis ASEAN Economic Community 2025, ASEAN Security Comunity, dan ASEAN Socio-Cultural Comunity. Bersama dengan tujuan ini maka negara-negara ASEAN akan didorong untuk lebih responsif, dengan menggunakan teknologi digital yang modern untuk dapat menciptakan tata kelola kepemerintahan yang lebih baik yang diperkuat melalui transparansi yang lebih baik dalam dalam rangka menciptakan pelayanan kepada masyarakat.

Lembaga pemeriksa yang independen, efektif dan kredibel merupakan komponen penting dalam sistem demokrasi. BPK baik secara individu maupun bagian dari ASEANSAI, sangat memahami bahwa akuntabilitas, transparansi, dan integritas adalah bagian tak terpisahkan dari demokrasi yang stabil, dan berupaya melibatkan mitra, baik di dalam maupun luar negeri untuk mendorong pemeriksaan sebagai faktor penting dalam membuat kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Baik di sektor publik dan sektor swasta, peningkatan transparansi dan sinergi antara kebijakan pemerintah dan kegiatan bisnis, akan membantu mendorong peningkatan industrialisasi, membuka peluang-peluang di kawasan ASEAN, dan membantu pencapaian SDGs pada tahun 2030.

Seminar ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari tiga organisasi penyelenggara seminar ini dan dihadiri oleh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPK.

Bagikan konten ini: