SIARAN PERS

BPK dan USAID Gelar Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara di Medan

» unduh pdf

Medan, Kamis (6 April 2017) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH menggelar roadshow Festival Film Kawal Harta Negara 2017, bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Medan, pada hari ini (6/4). Roadshow ini merupakan kegiatan ke-4 Festival Film Kawal Harta Negara setelah sebelumnya dilakukan di Jakarta, Magelang, dan Ternate.

Roadshow di Medan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara, Vincentia Moli Ambar Wahyuni, dan dihadiri oleh Kepala Bagian Pengelolaan Informasi BPK, Adelina Silalahi, Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi & Pelaporan Pusdiklat BPK, M. Yusuf John, serta peserta festival dari kalangan mahasiswa/pelajar dan umum. Acara roadshow diisi dengan berbagai kegiatan seperti Talkshow dengan BPK, workshop film dengan sineas Danial Rifky (sutradara Haji Backpacker), serta workshop mengenai pembuatan video Citizen Journalism bersama narasumber dari NET TV, Dewi Leila Sari.

Festival film ini berupaya mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar/mahasiswa, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk membuat film yang menggambarkan tentang tugas dan kewajiban dalam mengawal harta negara. “Hal ini merupakan salah satu strategi public awareness campaign yang dikembangkan BPK melalui media publikasi film sebagai salah satu sarana penyebaran informasi, pendidikan, dan hiburan. Dengan demikian peningkatan kapasitas komunikasi BPK dalam menyebarluaskan fungsi dan peran BPK dapat terwujud,” papar Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya.

Pada Festival Film Kawal Harta Negara 2017, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video citizen journalism, dan iklan layanan masyarakat (public service announcement/ PSA). Seluruh kategori terbuka untuk pelajar dan umum. Pengiriman karya peserta dimulai sejak 14 Maret 2017 dan ditutup pada 7 Juli 2017.

Selain kompetisi film, Festival Film Kawal Harta Negara 2017 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada. Peserta yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan dana produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman, sekaligus diikutsertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2017. Dari kegiatan di Jakarta, Magelang, dan Ternate, telah terpilih dua orang dengan ide cerita terbaik kategori fiksi dan dokumenter untuk masing-masing kota.

Roadshow selanjutnya dari Festival Film Kawal Harta Negara ini akan digelar di Malang. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses di: http://www.bpk.go.id/news/kompetisi-film-kawal-harta-negara

Biro Humas dan Kerja Sama Internasional

Bagikan konten ini: