BERITA UTAMA

BPK Gelar FGD tentang Kesiapan dan Rencana Implementasi SDGs

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Focus Group Discussion (FGD), Rabu (18/10/2017) di Auditorium Kantor Pusat BPK. FGD ini mengusung tema “Kesiapan Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dan Tindak Lanjut Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017”.

FGD yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dan pemahaman awal terkait dengan desain kesiapan dan rencana implementasi SDGs ini diikuti oleh para auditor BPK dan menghadirkan narasumber dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), Kemenkeu (Kementerian Keuangan), Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), dan BPS (Badan Pusat Statistik).

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dalam sambutannya saat membuka FGD mengapresiasi atas keaktifan pemerintah dalam program SDGs. “Pemerintah kita termasuk salah satu yang sudah mengimplementasikan SDGs. Diantaranya yaitu Presiden telah menetapkan Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Ketua BPK hal tersebut perlu disosialisasikan dan dibahas bersama di kalangan pemerintah dan legislatif, termasuk dengan BPK sebagai lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Pada kesempatan yang sama, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum pengukuran pencapaian SDGs ini dilakukan, pemeriksaan kesiapan akan difokuskan pada desain pengukuran yang akan dilakukan. Pemeriksaan BPK tersebut akan melibatkan beberapa stakeholder dalam hal ini lembaga perwakilan, pemerintah pusat, kementerian negara dan lembaga, serta pemerintah daerah.

“Untuk itu FGD ini mengundang narasumber dari Bappenas, Kemenkeu, Kemendagri, dan BPS untuk dapat menyampaikan rencana implementasi SDGs dan pengukurannya,” tegas Anggota II BPK. Selain itu, pemahaman SDGs ini juga perlu disamakan antara pemerintah yang akan melaksanakannya dengan BPK yang akan melakukan pemeriksaannya.

Hadir dalam FGD tersebut diantaranya Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna dan para pejabat eselon I serta eselon II di lingkungan BPK. FGD tersebut dilanjutkan dengan diskusi panel dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber dan dipandu oleh Auditor Utama KN II, Bahtiar Arif sebagai moderator.

Bagikan konten ini: