BERITA UTAMA

BPK Hadiri Sidang Tahunan Anggota Panel Pemeriksa Eksternal PBB ke-60

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pemeriksa eksternal dari International Atomic Energy Agency (IAEA) menghadiri sidang tahunan Anggota Panel Pemeriksa Eksternal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-60 yang dilaksanakan di Kampus PBB di Bonn, Jerman pada tanggal 2 dan 3 Desember 2019.

Panel Pemeriksa Eksternal PBB adalah forum para pemeriksa eksternal yang bersifat independen dari PBB. Panel ini terdiri atas 11 Ketua badan pemeriksa keuangan dari 11 negara yang melakukan pemeriksaan pada Sekretariat PBB, Dana, Program, dan Lembaga Khusus PBB, serta IAEA.

11 negara Anggota Panel Pemeriksa Eksternal PBB adalah Kanada, Chile, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Ghana, Filipina, Swiss, Inggris, dan Tanzania sebagai pengamat. Pertemuan ke-60 Panel Auditor Eksternal ini diketuai oleh Gareth Davies, Comptroller and Auditor General of the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Di dalam pertemuan ke-60 ini, mewakili BPK adalah Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif. Pada pertemuan tersebut BPK dan anggota panel lainnya berbagi informasi dan metodologi untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan nilai dan kualitas dari proses pemerolehan keyakinan mutu.

Panel Pemeriksa Eksternal PBB berupaya untuk memastikan bahwa informasi keuangan yang dilaporkan memberikan dasar yang transparan dan akurat untuk pengambilan keputusan keuangan yang dibuat oleh PBB, Specialized Agencies, dan IAEA.

Pertemuan ke-60 ini membahas Agenda Reformasi Sekretaris Jenderal dan dampak perubahannya pada tata kelola, perkembangan dalam pencegahan dan langkah-langkah deteksi kecurangan, peluang untuk meningkatkan koordinasi dalam pengelolaan Mitra Pelaksana, serta interaksi Panel dengan Sistem PBB yang lebih luas. Hasil pembahasan tersebut disampaikan dalam Surat Panel Pemeriksa Eksternal kepada Sekjen PBB tanggal 3 Desember 2019.

Panel juga bertemu dengan Jens Wandel, Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal untuk Reformasi, dan Robert Piper, Asisten Sekretaris Jenderal Kantor Koordinasi Pembangunan, untuk membahas Agenda Reformasi Sekretaris Jenderal.

Selain itu, Panel bertemu dengan Vitaly Vanshelboim, Wakil Direktur Eksekutif Kantor PBB untuk Layanan Proyek, Martin Frick, Direktur Senior Koordinasi Kebijakan dan Program dari Sekretariat PBB untuk Perubahan Iklim, dan Andrey Pogrebnyak, Direktur Manajemen Layanan Relawan PBB, untuk memahami tantangan program dalam pelaksanaan mandat mereka.

Dalam pertemuan Panel Pemeriksa Eksternal PBB tersebut, Anggota VI BPK didampingi delegasi yang sebelumnya telah mengikuti pertemuan kelompok teknis selama tiga hari dari tanggal 27 s.d. 29 November 2019, untuk membahas dan merumuskan bahan Sidang Panel Pemeriksa Eksternal.

Bagikan konten ini: