BERITA UTAMA

BPK Inisiasi Penyelenggaraan Seminar Mengenai SAI Performance Measurement

Dalam upaya mendorong implementasi inisiatif INTOSAI terkait pengukuran kinerja, BPK menginisiasi penyelenggaraan seminar terkait kerangka pengukuran kinerja (performance measurement framework/SAI PMF) pada 14 Februari 2017. Seminar yang berjudul Enhancing Professionalisation through Optimizing SAI Performance Measurement Framework: The Experience of SAIs in Asian Region mengundang INTOSAI Development Initiatives (IDI) sebagai project leader dalam piloting SAI PMF dan penyusunan strategi implementasi SAI PMF. Selain itu, seminar ini juga mengundang SAI Nepal dan SAI Indonesia sebagai pembicara.

Dibuka oleh Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis, seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait SAI PMF serta untuk memberikan gambaran terkait pengalaman beberapa SAI dalam menerapkan SAI PMF. SAI Nepal, yang diwakili oleh Deputy Auditor General, Iswar Nepal, memaparkan pengalamannya dalam menjalankan SAI PMF dan lesson learned. Lebih lanjut, BPK RI yang diwakili oleh Novy G.A. Pelenkahu, Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD, dan Kekayaan Negara/Daerah yang Dipisahkan Lainnya memaparkan pengalaman BPK dalam menerapkan sistem pengukuran melalui penerapan Renstra BPK dan alignment nya dengan SAI PMF.

Selain menambah pengetahuan SAI di kawasan Asia terkait penerapan SAI PMF, seminar ini juga mengidentifikasi kebutuhan dan potensi inisiatif SAI yang dapat diusulkan menjadi inisiatif ASOSAI di masa yang akan datang.

Bagikan konten ini: