BERITA UTAMA

BPK Menjadi Tuan Rumah Audit Review Meeting, IDI-ASOSAI 3i Cooperative Audit Programme on Audit Disaster Management

Menjawab kebutuhan anggota Asian Organization of Supreme Audit Instituion (ASOSAI) akan dukungan pengembangan kapasitas terkait pemeriksaan manajemen bencana, BPK RI ditunjuk sebagai tuan rumah oleh ASOSAI untuk menyelenggarakan Audit Review Meeting, IDI-ASOSAI 3i Cooperative Audit Programe on Audit Disaster Management, yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 Oktober 2016, di Pusdiklat BPK Jakarta.

Ketua BPK, Harry Azhar Azis yang membuka secara resmi pertemuan ini menyatakan bahwa BPK menyadari sepenuhnya bahwa manajemen audit bencana dan pengelolaan sumber daya yang dialokasikan memiliki tantangan khusus. Hal ini disebabkan karena sifat dan keadaan bencana yang memerlukan tingkat fleksibilitas dan pengambilan keputusan yang sesegera mungkin yang bahkan dapat mengabaikan prosedur yang ada untuk menyelamatkan nyawa korban. Sebagai contoh, beliau menyebutkan audit manajemen bencana yang dilakukan oleh BPK pasca peristiwa tsunami di Aceh pada tahun 2004. Melalui auditnya, BPK terus mendorong pemerintah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas manajemen bencana dan sumber daya.

Pertemuan yang diikuti oleh 48 peserta dari 17 negara kali ini, merupakan tahap ke-5 dari tujuh implementasi IDI-ASOSAI 3i Cooperative Audit Programme on Audit Disaster Management. Bertujuan untuk mereviu, mendiskusikan serta memfinalisasi konsep laporan pemeriksaan, hingga mendapat persetujuan dari Ketua Supreme Audit Institution (SAI) masing-masing.

“Kami sangat percaya program ini akan mendukung upaya BPK dalam meningkatkan profesionalisme auditor, kapasitas dan kinerja organisasi dalam melaksanakan pemeriksaan, khususnya pada isu-isu manajemen bencana,” tegas Ketua BPK.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Willem Rampangilei, Program Manager INTOSAI Development Initiative (IDI), Md. Shofiqul Islam, Capacity Development Administrator ASOSAI, Takaya Kato, serta para pejabat Eselon I BPK.

Bagikan konten ini: