BERITA UTAMA

BPK Paparkan Pengalaman Adopsi ISSAI dalam SPKN pada Acara ADB Workshop for Enhancing Roles of SAIs in Selected ASEAN Countries

BPK menjadi tuan rumah penyelenggaraan ADB Workshop for enhancing roles of SAIs in selected ASEAN Countries pada tanggal 3 s.d 5 Oktober 2017 di Jakarta. Workshop ini dihadiri oleh 25 peserta dari 7 SAI di kawasan ASEAN yaitu Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam dan resource person dari Swedish National Audit Office (SNAO), World Bank (WB) dan GIZ. Tujuannya adalah sebagai forum untuk berbagi pengalaman tekait adopsi ISSAI pemeriksaan keuangan standar dan panduan pemeriksaan di tiap SAI.

Workshop dibuka oleh Ketua BPK, Dr. Moermahadi Soerja Djanegara. Dalam sambutannya, Ketua BPK menekankan tentang pentingnya ISSAI sebagai sebagai panduan bagi anggota INTOSAI dalam melakukan pemeriksaan. Selain itu, Ketua BPK menyampaikan bahwa SAI merupakan agen perubahan di sektor publik sehingga diharapkan SAI selalu meningkatkan kualitas pemeriksaannya agar dapat mendorong peningkatan tarnsparansi dan akuntabilitas pengelolaan sektor publik.

BPK merupakan salah satu SAI yang telah mengadopsi ISSAI penyusunan panduan pemeriksaan. Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang diterbitkan pada awal tahun 2017, telah banyak mengacu kepada ISSAI. Pengalaman BPK tersebut akan dipaparkan oleh delegasi BPK dalam workshop ini. Untuk lebih memperjelas pemahaman peserta workshop atas SPKN, implementasi dan quality assurance nya, peserta workshop berkunjung ke Kantor Pusat BPK untuk berdiskusi langsung dengan unit kerja Litbang, AKN yang terlibat dalam penyusunan dan implementasi SPKN, dan Itama sebagai quality assurer-nya.

Bagikan konten ini: