BERITA UTAMA

BPK Perkuat Institutional Capacity NAA Cambodia Dengan Workshop Pemeriksaan Kinerja

07 September 2018

Pada Kamis, 6 September 2018, 15 orang delegasi National Audit Authority (NAA) The Kingdom of Cambodia yang dipimpin oleh Deputy Auditor General, Dr. Ouk Saravudh melakukan Courtesy Call dengan Wakil Ketua BPK, Prof. Dr Bahrullah Akbar, MBA yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional, Juska Meidy Enyke Sjam di kantor pusat BPK RI di Jakarta.

Kedatangan delegasi NAA Cambodia ke Jakarta adalah dalam rangka mengikuti workshop pemeriksaan kinerja yang diadakan oleh Badan Diklat PKN BPK RI. Kegiatan workshop ini merupakan bagian dari implementasi Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama bilateral yang telah ditandatangani oleh BPK dan NAA pada 23 November 2010 di Johannesburg, Afrika Selatan.

Selama empat hari yaitu 3 s.d 6 September 2018, para pejabat NAA Cambodia belajar mengenai metodologi pemeriksaan kinerja di BPK, memperoleh pengalaman pemeriksaan kinerja melalui studi kasus dan international best practices serta mempelajari quality assurance dalam pemeriksaan kinerja dari para Subject Matter Expert (SME) BPK. Para SME tersebut berasal dari Widyaiswara Badan Diklat PKN, Auditorat Keuangan Negara VI, Direktorat Litbang Kinerja dan Inspektorat Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan (PKMP). Adapun kegiatan tersebut difasilitasi oleh Biro Humas dan Kerja Sama Internasional serta Badan Diklat PKN BPK RI.

Setelah melakukan Courtesy Call acara dilanjutkan dengan penandatangan Action Plan Kerja Sama Bilateral tahun 2018 -2019 yang dilakukan oleh Wakil Ketua BPK dan Deputy Auditor General NAA Cambodia. Terdapat empat area kerja sama yang telah disepakati yaitu (1) Performance Audit Workshop/Training, (2) Knowlegde Sharing on the mechanism of the follow up audit recommendation and its guideline development, (3) Education and Training, dan (4) Implementation of Supreme Audit Institution – Performance Measurement Framework (PMF).

Wakil Ketua BPK menyampaikan ucapan terima kasih kepada NAA Cambodia atas kepercayaan yang diberikan kepada BPK RI untuk ikut mengembangkan institutional capacity NAA Cambodia khususnya pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja dan pengembangan kurikulum pelatihan bagi para auditor, serta berterimakasih atas kesediaan NAA Cambodia berpartisipasi dalam SAI PMF training di Jakarta yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2018. Wakil Ketua berharap agar action plan kerja sama bilateral yang telah ditandatangani kedua belah pihak dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kedua SAI yang pada akhirnya akan memperkuat kontribusi masing-masing institusi terhadap audit sektor publik di dalam negeri dan masyarakat Internasional.