BERITA UTAMA

BPK Perkuat Kapasitas Pemeriksaan dengan ACH Russia

11 Juli 2018

Rabu, 11 Juli 2018, dipimpin oleh Ketua BPK RI, Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA, Delegasi BPK melakukan kunjungan ke Accounts Chamber of the Russian Federation (ACH Russia). Dalam kunjungan kali ini Ketua BPK didampingi Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dan Deputy Chief of Mission, Kedutaan Republik Indonesia, Lasro Simbolon, diterima oleh Ketua ACH Russia, Mr. Alexey Kudrin.

Tujuan dari kunjungan bilateral BPK RI kali ini adalah untuk melanjutkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kapasitas audit, khususnya disektor publik dengan melakukan seminar bilateral terkait bagaimana Peran BPK dan ACH Russia dalam melakukan pengawasan terhadap negara atas sistem perbankan dan pasar keuangan serta Pemeriksaan atas investasi Pemerintah terkait minyak dan gas bumi serta energi.

Hubungan BPK dengan ACH Russia dimulai sejak penandatanganan MoU Kerjasama Bilateral pada tahun 2007. Berbagai kegiatan kerjasama bilateral telah dilaksanakan, antara lain pelaksanaan seminar bilateral tentang komunikasi, pemeriksaan industri migas dan pemeriksaan atas utang negara.

Ketua BPK RI berharap kunjungan ini dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama tidak hanya secara regional, tetapi juga akan menghasilkan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan kapasitas masing-masing auditor dalam memperoleh dan mengembangkan praktik-praktik internasional yang terbaik. Dalam courtesy call, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan renewal atas MoU Kerjasama Bilateral yang akan dilaksanakan pada ASOSAI Assembly di Hanoi September 2018.