BERITA UTAMA

BPK Perkuat Kapasitas Pemeriksaan dengan Menyelenggarakan Seminar Bersama Ke-Enam dengan Supreme Audit Court (SAC) Iran

25 Juli 2018

Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) dan Supreme Audit Court (SAC) Republik Islam Iran kembali menyelenggarakan Seminar Bersama dalam rangka implementasi MoU Kerja Sama Bilateral antara kedua institusi. Seminar bersama yang diselenggarakan pada 22-25 Juli 2018, di Teheran, Iran tersebut merupakan seminar bersama ke-enam sebagaimana disepakati dalam rencana aksi yang disepakati tahun 2016 silam. Dalam seminar tersebut, delegasi BPK dipimpin oleh Anggota V BPK, Ir. Isma Yatun, M.T. dengan anggota delegasi yaitu Maulana Ginting, Indria Syzinia, Fonel Intania Permata, dan Tyas Utami Dibyantari. Seminar ini juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran, Octavino Alimudin.

Topik-topik seminar bersama ke-enam tersebut meliputi Pemeriksaan pada Bank Syari’ah, Pemeriksaan pada Perguruan Tinggi Islam Negeri, Pemeriksaan atas e-Procurement Pemerintah serta Peningkatan Kualitas Laporan Pemeriksaan. Kedua SAI melakukan paparan atas pengalaman masing-masing dalam pemeriksaan bidang-bidang tersebut, serta berdiskusi untuk mendapatkan pelajaran dari pengalaman dan pengetahuan masing-masing.

Dalam kesempatan Courtesy Call dengan Presiden SAC Iran, Prof. Adel Azar, Anggota V BPK menyatakan bahwa Seminar Bersama ini merupakan implementasi MoU Kerja Sama Bilateral, yang mencerminkan komitmen kedua SAI untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama yang telah terjalin. Diharapkan dari seminar bersama ini, kedua SAI akan dapat memperoleh manfaat untuk peningkatan kapasitas masing-masing. Sementara itu Prof. Adel Azar berharap, kerja sama kedua SAI dapat terus ditingkatkan dengan perluasan dan penambahan topik-topik yang akan menjadi fokus rencana aksi kedua SAI.

Di sela-sela seminar bersama ini, kedua SAI juga berkesempatan untuk mengunjungi Universitas Teheran untuk mengetahui penggunaan sistem TI dalam mendukung penerapan akuntansi berbasis akrual. Disamping itu, kedua SAI juga melakukan kunjungan dan observasi langsung penerapan e-procurement pada pusat e-procurement pada Kementerian Industri, Tambang dan Perdagangan Republik Islam Iran.

Seminar bersama ke-enam antara BPK dengan SAC Iran ditutup dengan penandatanganan rencana aksi kerja sama kedua SAI untuk tahun 2019 yang dilakukan oleh Anggota V BPK, Isma Yatun dan dua orang Wakil Presiden SAC Iran, Kiumars Davoodi dan Shahram Eshragh.