BERITA UTAMA

BPK Perkuat Peran Manajer Senior melalui Senior Management Dialogue dengan ANAO

Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) dan Australian National Audit Office (ANAO) kembali menyelenggarakan Senior Management Dialogue (SMD) dalam rangka implementasi kerja sama bilateral antara kedua institusi pada tanggal 30 April s.d. 1 Mei 2019 di kantor ANAO, Canberra, Australia. Delegasi BPK dipimpin oleh Anggota V BPK, Isma Yatun. Adapun beberapa topik yang dibahas adalah peran manajer senior dalam pemeriksaan kinerja, long form audit reporting, risk management danindikasi kecurangan dalam pemeriksaan. Delegasi BPK terdiri atas Ade Iwan Ruswana, Dali Mulkana, Juska Sjam, Hediana Makmur, Endra Sujadi dan Tyas Dibyantari.

Dalam kesempatan courtesy meeting dengan Auditor General ANAO, Grant Hehir dan Deputy Auditor General ANAO, Rona Mellor, Anggota V BPK menyatakan apresiasinya atas kerja sama kedua institusi yang telah berjalan selama tiga belas tahun dan mengharapkan agar kerjasama dapat dilanjutkan untuk meningkatkan kapasitas masing-masing. SMD kali ini merupakan kesempatan yang bagus untuk dapat melanjutkan diskusi mengenai hal tersebut terutama melalui topik-topik yang akan didiskusikan.

Sementara itu, Grant Hehir menyatakan kekagumannya atas pelaksanaan pemeriksaan kinerja tematik dana desa yang dilakukan oleh BPK, karena BPK berhasil mengoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan yang melibatkan banyak tim dan dilakukan pada seluruh perwakilan. ANAO memiliki pemeriksaan serupa namun dengan lingkup yang lebihkecil. Melalui SMD ini, masing-masing institusi dapat belajar dari pengalaman pemeriksaan yang telah dilakukan, untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaannya. Selain itu, ANAO berharap dapat belajar dari pengalaman BPK dalam pemeriksaan terhadap indikasi kecurangan, karena saat ini ANAO belum melaksanakannya.

Selanjutnya, rangkaian acara SMD akan dilanjutkan di kantor the Audit Office of New South Wales, Sydney pada tanggal 2 Mei 2019. Selain untuk memonitor perkembangan kegiatan secondment pemeriksaan keuangan yang dikuti oleh pegawai BPK di sana, dalam SMD tersebut juga akan didiskusikan isu-isu terkait contracting audit.

Bagikan konten ini: