BERITA UTAMA

BPK RI dan JAN Malaysia Berbagi Pengalaman Pemeriksaan SDGs, BUMN, Sumber Daya Air dan Kawasan Perbatasan dalam 18th Technical Meeting

18 Desember 2018

Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) dan Jabatan Audit Negara Malaysia (JAN) kembali menyelenggarakan Technical Meeting dalam rangka implementasi MoU Kerjasama Bilateral antara kedua institusi. Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 18-19 Desember 2018 di Yogyakarta tersebut merupakan penyelenggaraan yang ke-18 kali sebagaimana disepakati dalam Minutes of Meeting pada tahun 2017 silam.

Delegasi BPK dipimpin oleh Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) V BPK, Bambang Pamungkas, sementara Delegasi JANM dipimpin oleh Deputy Auditor General of JAN Mr. Khalid Khan bin Abdullah Khan. Topik-topik diskusi dalam pertemuan ini meliputi Progress of the Joint Research Project on Sustainable Development Goals (SDGs), Audit on Corporate Governance of State Owned Enterprises, Audit on Water Sources Management, dan Audit on Entikong Border Area.

Dalam sambutan pembukaan pertemuan ini, Bambang Pamungkas mengungkapkan bahwa kerjasama BPK dengan JAN Malaysia telah berlangsung selama 11 tahun. Kedua institusi telah banyak melaksanakan kegiatan bersama dan saling belajar dari pengalaman masing-masing dalam melaksanaan pemeriksaan. Sementara itu, Mr. Khalid Khan bin Abdullah Khan menyatakan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua institusi. Ia mengharapkan agar kerja sama tersebut dapat berlanjut terutama untuk pemeriksaan-pemeriksaan yang terkait dengan permasalahan kedua institusi sebagai negara tetangga serta pemeriksaan-pemeriksaan untuk mendukung agenda internasional yang bermanfaat untuk kedua institusi.

Selain mendiskusikan topik-topik tersebut, kedua institusi juga mendiskusikan konsep topik kerja sama yang akan dilakukan tahun 2019 dan akan dibahas dalam Tecnical Meeting berikutnya. Menurut rencana, topik-topik untuk kerja sama selanjutnya adalah Audit on Assessing the Achievement of Government Programs, Contracting Audit, Case Study of Readiness of National System and Data on SDG, Audit on Security at Malaysia – Indonesia Border Area dan Audit on Public Private Partnership (PPP) Project.