BERITA UTAMA

BPK RI Diundang Sebagai Narasumber Seminar e-Audit dan Diklat Pemeriksaan Kinerja untuk Auditor State Audit Organization of Lao People’s Democratic Republic

BPK RI diundang oleh State Audit Organization of Lao People’s Democratic Republic (SAO Laos) untuk menjadi narasumber seminar Audit Berbasis Elektronik (e-Audit) dan pengajar Diklat Pemeriksaan Kinerja bagi para auditor SAO Laos ke Kantor SAO Laos di Vientiane, Laos pada tanggal 18 s.d. 21 Juli 2017.

Acara seminar dan diklat diawali dengan pembukaan oleh Wakil Ketua SAO Laos, Padapphet Sayakhot dan Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar. Dalam pidatonya, selama ini BPK RI baik sebagai Sekretariat ASEANSAI maupun sebagai partner kerja sama bilateral SAO Laos telah memberikan dukungannya terhadap SAO Laos dalam mempersiapkan diri untuk menjadi Ketua ASEANSAI dan Sekretariat ASEANSAI. BPK juga memberikan kontribusi dalam memfasilitasi beberapa kegiatan seminar dan diklat dalam bidang Pemeriksaan Kinerja, Pemeriksaan Lingkungan, Pemeriksaan Pertanian dan Kehutanan serta e-Audit. Wakil Ketua SAO Laos menyampaikan apresiasinya kepada BPK RI atas semua dukungan yang telah diberikan bagi pengembangan kapasitas organisasi SAO Laos dan berharap agar ke depannya SAO Laos dapat meneruskan kerja sama yang telah terjalin.

Acara dilanjutkan dengan sesi Seminar e-Audit dengan narasumber E-Audit adalah Senior Matter Expert (SME) bidang e-Audit, Ria Anugriani. Dalam paparannya, SME bidang e-Audit BPK RI menjelaskan mengenai latar belakang, konsep pengembangan, tantangan dan manfaat, serta implementasi e-Audit. Melalui sesi tanya jawab dengan para auditor SAO Laos, dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi e-Audit di SAO Laos masih dalam tahap pengembangan awal dan para auditor SAO Laos telah memperoleh banyak masukan dari BPK RI mengenai bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi terkait pelaksanaan e-Audit di negaranya.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan Diklat Pemeriksaan Kinerja. Adapaun para pengajar diklat pemeriksaaan kinerja terdiri dari Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengembangan Pemeriksaan Kinerja, Ikhtaria Syaziah; Ketua Tim Senior Subauditorat VI.A.1, I Gede Sudi Adnyana; dan Widyaiswara Pratama Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Iwan Novarian. Diklat dilaksanakan selama tiga hari dan dibagi menjadi beberapa sesi pembahasan. Sesi pertama di hari pertama diisi dengan pretest dan pembahasan mengenai pengenalan pemeriksaan kinerja dan pengalaman BPK RI dalam melakukan pemeriksaan kinerja. Pada hari kedua diklat, dilanjutkan pembahasan mengenai perencanaan pemeriksaan, pengumpulan dan analisis bukti, serta pengembangan Audit Design Matrix (ADM). Pada hari ketiga dibahas mengenai penyusunan ADM dengan studi kasus kesehatan, tahap penyusunan laporan temuan pemeriksaan, studi kesehatan Pemeriksaan Kinerja Rumah Sakit Umum, dan ditutup dengan sesi pembacaan kesimpulan dan penutupan diklat.

Bagikan konten ini: