BERITA UTAMA

BPK RI Kembangkan Audit Lingkungan

Badan Pemeriksa Keuangan RI memiliki peran dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Peran tersebut diwujudkan BPK RI melalui pengembangan pemeriksaan lingkungan, khususnya pemeriksaan terhadap pengelolaan hutan.

“BPK RI terus berkomitmen dalam memberikan kontribusi melalui pengembangan audit lingkungan”, ungkap Anggota BPK, Ali Masykur Musa ketika memberikan sambutan dalam acara INTOSAI WGEA International Training of Forestry Audit di Pusdiklat BPK RI, Jakarta, 15 September 2014.

Menurutnya, sebagai lembaga pemeriksa, BPK RI dapat mendorong pemerintah dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan, peraturan dan kelembagaan yang sesuai dalam menjalankan program di bidang kehutanan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemeriksaan atas kinerja, kepatuhan serta sistem akuntabilitas dan transparansi pemerintah.

Additionally, SAIs can also assist governments in strengthening their forest management internal controls, and improving their assessment and mitigation of forest-related risks,” jelas Ali Masykur Musa dihadapan para peserta pelatihan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan auditor dalam melakukan pemeriksaan hutan. Pelatihan yang berlangsung selama 5 hari ini diikuti oleh 13 peserta dari delapan negara lembaga pemeriksa, yaitu Fiji ,Malaysia, Micronesia, Nigeria, Filipina, Tanzania, Thailand, Timor Leste dan Indonesia.

Dengan menggunakan pendekatan audit kinerja, lanjut Sekretaris Jenderal, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peserta dalam mengkaji aspek ekonimis, efektifitas dan efisiensi di sektor kehutanan. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pengalaman para peserta memanfaatkan teknologi geospasial (remote sensing, geographic information system and Global Positioning System) dalam mengumpulkan bukti-bukti terkait pemeriksaan.

Pelatihan ini merupakan implementasi dari Rencana Kerja WGEA INTOSAI dari tahun 2013-2016. INTOSAI WGEA merupakan kelompok kerja pemeriksaan lingkungan dari International Organization of Supreme Audit Institutions yang mendorong pemeriksaan dalam melindungi lingkungan dan pengembangan pedoman pemeriksaan, penelitian dan pelatihan di bidang lingkungan.

Bagikan konten ini: