BERITA UTAMA

BPK Satukan Energi untuk Tingkatkan Prestasi

18 September 2018

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Workshop Persiapan Pemeriksaan Tematik Kinerja Efektivitas Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa dan Persiapan Pemeriksaan Tematik Kinerja Public Financial Management Semester II 2018 di Banyuwangi, Jawa Timur pada 17 September 2018. Rakor yang dilaksanakan selama tiga hari (17-19 September) ini mengangkat tema “Satukan Energi dalam Harmoni untuk BPK yang Berprestasi”.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar pada Selasa (18/9) dan dihadiri Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK, Achsanul Qosasi, Anggota V BPK, Isma Yatun dan Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis serta Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) V dan Tortama KN VI BPK.

Dalam arahannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan tentang pentingnya koordinasi antara penunjang di BPK dengan pemeriksa. Dalam melaksanakan tugasnya, seluruh satuan kerja (satker) di BPK khususnya Auditorat Keuangan Negara (AKN) V, AKN VI, dan Perwakilan harus berkoordinasi untuk menentukan prioritas kegiatan serta merumuskan strategi yang tepat. Sehingga perencanaan kinerja BPK sesuai dengan kebutuhan dan kondisi terkini.

“Proses audit tidak akan berjalan apabila tidak didukung oleh seluruh unsur penunjang maupun pendukung di kesekretariatan, ini yang kita namakan harmonisasi dan sinergi untuk ke depan,” ungkapnya. Wakil Ketua BPK juga menginginkan agar rakor ini dapat mengupayakan alternatif pemecahan dan perbaikan terhadap pelaksanaan perencanaan program atau kegiatan yang akan datang.

Selain membahas masalah pemeriksaan, juga akan membahas mengenai praktek-praktek terbaik (best practice) di bidang kesekretariatan dan penunjang yang sudah diterapkan di beberapa perwakilan untuk dibagikan kepada Perwakilan lainnya, sehingga dapat diimplementasikan. Selain Wakil Ketua BPK, rakor ini juga diisi dengan pengarahan dari para Anggota BPK kepada seluruh peserta sebagai dasar kebijakan untuk merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan baik di semester II tahun ini maupun untuk tahun 2019.

Penyelenggaraan rakor ini diharapkan dapat menyatukan dan menyelaraskan sumber daya BPK untuk hasil pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaaat, selain itu sharing knowledge tentang kesekretariatan di beberapa perwakilan dapat dijadikan motivasi untuk perwakilan lain agar dapat berinovasi dan meningkatkan kinerjanya dalam menunjang tugas pokok dan fungsi pemeriksaan. Peserta rakor ini meliputi para Kepala Perwakilan BPK,para Kepala Sub Auditorat, danpejabat struktural serta fungsional dari seluruh BPK Perwakilan.