BERITA UTAMA

BPK Selenggarakan Kompetisi Penulisan Blog Kawal Harta Negara

Seiring dengan meningkatnya perhatian (awareness) pemangku kepentingan terhadap hasil-hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK perlu meningkatkan hubungan kerja sama dan membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan untuk memberikan pemahaman dan informasi yang memadai mengenai tugas dan fungsi serta kinerja BPK, salah satunya adalah dengan para penulis blog. Oleh sebab itu, pada akhir tahun 2017 lalu, BPK membuka kesempatan bagi seluruh unsur lapisan masyarakat dalam hal ini penulis blog, untuk ikut serta berperan memberikan sumbangan pemikiran terhadap upaya meningkatkan hasil kerja BPK melalui tulisan yang dikemas dalam ajang kompetisi penulisan Blog dengan tema “Kawal Harta Negara”.

“Kompetisi menulis blog bertema “BPK Kawal Harta Negara” yang telah dilaksanakan merupakan upaya BPK untuk berbagi motivasi dan mengajak seluruh pihak untuk sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap bangsa dan tanah air sesuai dengan kompetensi yang kita miliki di bidang masing-masing” ungkap Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, dalam sambutannya pada acara Kumpul Blogger Tanah Air dengan tema “Blogger Kawal Harta Negara”, pada Kamis, (15/3/2018) di Auditorium Kantor Pusat BPK.

Kompetisi penulisan Blog “BPK Kawal Harta Negara” dimulai tanggal 27 November 2017 dan telah ditutup tanggal 12 Februari 2018, dengan jumlah pendaftar yang telah masuk sebanyak 315 orang. Seleksi tulisan dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap seleksi administratif, penjurian internal dan penjurian eksternal. Penjurian internal dilakukan untuk melihat kesesuaian tulisan dengan tema dan pemahaman penulis tentang BPK serta validitas data. Pada tahap ini berhasil tersaring sebanyak 241 orang dengan 250 link tulisan.

Para juri yang terdiri dari Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Uni Lubis (Pemimpin Redaksi IDN Times), Roso Daras (wartawan senior), Aulia Halimatussadiah (Blogger & Chief Content Zetta Media), serta Gunarwanto (Kepala Direktorat Litbang BPK) melakukan penjurian dengan melihat kedalaman pesan dan dampak tulisan bagi publik, serta penyajian gaya bahasa, struktur dan sajian grafis pada tulisan. Pada tahap ini berhasil terpilih nominator 20 besar. Dari 20 besar tulisan ini telah ditetapkan 3 juara utama dan 3 juara favorit pilihan juri.

Para pemenang dalam kompetisi ini adalah juara pertama diraih oleh Alexander Arie dengan tulisan berjudul “BPK Kawal Harta Negara dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara”. Juara kedua adalah Yesi Hendriyani Suparto dengan tulisan “Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara. Juara ketiga adalah tulisan karya Lalu Alfian Rifa’i yang berjudul “Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara, Yuk!”. Juara favorit pertama adalah Lalu Alfian Rifa’i dengan tulisan “Jangan Bilang Ente Gak Mau Bantu BPK Kawal Harta Negara!”. Juara favorit kedua adalah Bayu Satria Utama dengan tulisan “Tantangan Era Disrupsi: SIPADU Membangun Kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara” dan juara favorit ketiga adalah Saiful Rijal Yunus dengan tulisan berjudul “Harta, Tahta, dan BPK”.

Bagikan konten ini: