BERITA UTAMA

BPK Turut Mengawal Pembangunan Nasional Melalui Fokus Pemeriksaan

14 November 2017

Dalam upaya menjalankan rencana strategis BPK tahun 2016 – 2020 yang telah ditetapkan dengan Keputusan BPK Nomor 7 Tahun 2015, dalam rencana strategis ini, BPK telah berkomitmen untuk menjalankan pemeriksaan yang diyakini dapat meningkatkan kematangan organisasi BPK yang tidak sekedar menyentuh terkait dengan aspek oversight melainkan juga insight bahkan foresight, untuk melaksanakan hal tersebut maka digelar acara “Pemantapan Pengelolaan Stategi Fokus Pemeriksaan BPK 2016 – 2020”, yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Pusat BPK, Selasa (14/11). Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar yang dihadiri oleh pejabat Eselon I serta para Kepala Perwakilan.

Dalam arahannya Wakil Ketua BPK mengatakan, pemerintah telah bergerak maju menjalankan agenda pembangunan nasional sebagaimana telah dirumuskan oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014 – 2019 yang dituangkan dalam Nawacita, lebih lanjut pemerintah telah menyelaraskan agenda pembangunan yang ada dalam RPJMN 2016 – 2019 dengan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui penerbitan Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

BPK melaksanakan pemeriksaan yang memberikan kontribusi pada pembangunan nasional. BPK harus melaksanakan pemeriksaan dalam rangka mengawal pembangunan nasional sehingga secara simultan turut berkontribusi dalam pemeriksaan atas implementasi SDGs.

“Dalam konteks kenegaraan pelaksanaan pembangunan nasional keterlibatan dalam SDGs adalah merupakan manifestasi pencapaian tujuan bernegara, dengan melaksanakan agenda pemeriksaan ini BPK juga berupaya mencapai visinya yaitu menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat” kata Wakil Ketua.

Untuk mempercepat pencapaian tujuan bernegara tersebut BPK mau tidak mau harus bersinergi dengan seluruh stakeholder dan mengkomunikasikan kepada mereka apa yang sedang dan akan dikerjakan untuk mencapai tujuan bernegara, selain itu pelaksanaan pemeriksaan atas fokus-fokus yang telah dipilih hendaknya menambahkan indikator keberhasilan SDGs pada program pemeriksaan.