BERITA UTAMA

Buka Rakor Pelaksana BPK 2018, Ketua BPK Ingin Pemeriksaan Kinerja Lebih Mendalam dan Komprehensif

23 April 2018

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Moermahadi Soerja Djanegara mengharapkan agar BPK bisa mencontoh negara lain seperti Amerika dan Australia dalam hal pemeriksaan kinerja. Hal itu disampaikan Ketua BPK saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksana BPK Tahun 2018 di Auditorium BPK Pusat, di Jakarta, pada Senin (23/4).

Ketua BPK menilai masih banyak LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) Kinerja yang tidak jelas, tidak komprehensif, dan tidak tuntas. Hal ini dikarenakan pemeriksaan kinerja tersebut dilakukan hanya dengan waktu yang paling lama tiga bulan. Padahal di BPK negara lain seperti di Amerika dan Australia pemeriksaan kinerja dilakukan selama 6 bulan, bahkan bisa sampai 1 tahun.

“Saya ingin pemeriksaan kinerja yang dilakukan di BPK bisa mencontoh dengan negara negara tersebut, kita tidak hanya mementingkan kuantitas atau banyaknya audit kinerja agar dapat mencapai target IKU (Indeks Kinerja Utama), tetapi juga kualitas dan kedalamannya,” ujar Ketua BPK.

Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja menurutnya harus komprehensif dan mendalam, sehingga dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang tepat sasaran. “Saya berharap lebih baik kuantitas pemeriksaannya sedikit tetapi lebih mendalam dan komprehensif dibandingkan banyak tetapi hanya menyentuh kulitnya saja,” pungkasnya.

Tidak hanya menyoroti LHP Kinerja, Ketua BPK pun mengajak pelaksana BPK bersama wujudkan komitmen pembangunan zona integritas di lingkungan BPK untuk mencapai wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. Ketua BPK menghimbau agar pemeriksa berani berkata tidak terhadap perintah atasan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip integritas BPK.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dalam laporannya berharap Rakor yang mengusung tema “Merajut Kebersamaan, Menguatkan Koordinasi” ini dapat mewujudkan koordinasi yang lebih intensif antar elemen yang ada di BPK. “Kebersamaan yang kokoh dan kuatnya koordinasi akan dapat mendorong tercapainya visi dan terlaksananya misi BPK sesuai dengan Renstra 2016-2020,” ucapnya.

Acara yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan BPK ini ditujukan untuk mendapatkan arahan dari Badan (Ketua BPK, Wakil Ketua BPK, dan Anggota BPK) dan mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan strategis di BPK. Selain itu, juga untuk mengkoordinasikan berbagai rencana program/kegiatan strategis lintas satuan kerja tahun 2018 dan 2019.