BERITA UTAMA

Bulan Budaya Arsip Diharapkan dapat Menjadikan Budaya Tertib Arsip di Lingkungan BPK

23 April 2019

Dalam rangka pelaksanaan Bulan Budaya Arsip, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan seminar dengan tema “Mewujudkan Tata Kelola Arsip Dinamis Menuju Era teknologi Informasi”, yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Pusat BPK, Jakarta pada Selasa (23/4). Acara yang diselenggarakan atas kerjasama antara Biro Umum dan Inspektorat Penegakan Integritas ini bertujuan agar dengan adanya Bulan Budaya Arsip diharapkan akan terbentuk awareness pengetahuan dan kebiasaan yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan kearsipan.

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar yang hadir memberikan keynote speech dan sekaligus membuka seminar ini mengatakan bahwa arsip merupakan bagian dari tata kelola proses bisnis BPK untuk menghasilkan prosedur, kebijakan, surat menyurat sampai dengan Laporan Hasil Pemeriksaan, untuk itu maka harus ada komitmen dari pelaksana BPK untuk terus menjaga arsip agar menjadi lebih baik.

Perkembangan teknolgi informasi menjadi alasan mengapa arsip harus dikelola secara elektronik. Dengan adanya media elektronik seperti komputer maka proses pengelolaan dan pengurusan arsip akan menjadi lebih mudah dan memakan waktu yang tidak lama, sehingga dapat memudahkan dalam proses penemuan kembali. Oleh karena itu, pengetahuan bagaimana mengelola arsip elektronik, penciptaan arsip elektronik dan cara serta media penyimpanan arsip elektronik menjadi hal yang penting sebagai dampak dari era teknologi informasi.

Aspek hukum arsip elektronik juga harus dipahami, selain itu harus ada berbagai upaya dalam penyimpanan dan penyelamatan arsip agar memori yang ada didalamnya dapat terus terjaga, hal ini merupakan hal yang penting untuk dipahami bagi pelaksana BPK.

“Kegiatan Bulan Budaya Arsip Tahun 2019 termasuk di dalamnya penyelenggaraan Seminar Arsip ini diharapkan dapat mewujudkan citra para pelaksana BPK yang tertib arsip dan siap menyambut era teknologi informasi di bidang kearsipan. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadikan budaya tertib arsip ini sebagai bagian dari budaya kerja di lingkungan BPK” ungkap Wakil Ketua BPK.

‚Äč

Selain Wakil Ketua BPK, hadir sebagai pembicara dalam seminar ini, Kepala Subdit Tata Kelola Sistem Elektronik Pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pancat Setyantana, Senior Consultant Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Yudho Giri Sucahyo, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto dan Deputi Bidang Konservasi Arsip, ANRI, M. Taufik.