BERITA UTAMA

Dalam Rangkaian Kegiatan Menyambut HUT Ke-72, BPK Selenggarakan Khitanan Massal

19 Desember 2018

Untuk membantu keluarga besar BPK terutama pegawai, tenaga tidak tetap dan tenaga cleaning service, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali menyelenggarakan khitanan massal yang diikuti oleh 33 anak berusia 3 - 12 tahun. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara ini berlangsung di Masjid Baitul Hasib, Kantor Pusat BPK, pada Rabu (19/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, dan para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPK.

Sebelum dilakukan khitanan, terlebih dulu dilakukan pengujian kesehatan oleh Klinik Pratama BPK untuk memastikan kondisi anak-anak dalam keadaan sehat. Khitanan massal yang merupakan kerja sama antara BPK dengan Dharma Wanita Persatuan Setjen BPK, BAZIS Korpri BPK, Masjid Baitu Hasib serta Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo.

Sementara itu, Ketua BPK, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan bakti sosial dalam rangka rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT BPK Ke-72.

“Khitan merupakan salah satu ajaran Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang wajib dilakukan oleh setiap laki-laki muslim” jelas Ketua BPK.

Khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kesehatan. Dari sudut pandang medis khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Khitan akan mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah khususnya yang berkaitan dengan najis.