BERITA UTAMA

Delegasi BPK RI mengikuti Pertemuan ke-9 INTOSAI Working Group on Value and Benefits of SAIs (WGVBS)

Sebagai salah satu bentuk peran aktif dalam organisasi dan kerja sama internasional, BPK RI mengikuti pertemuan ke-sembilan Working Group on Value and Benefits of SAIs (WGVBS) pada tanggal 29-31 Agustus 2016 di Arusha, Tanzania. Kegiatan ini diikuti oleh 11 SAI yang tergabung menjadi anggota WGVBS, yaitu USA, Mexico, Austria, Perancis, Indonesia, Cina, Irak, Afrika Selatan, Namibia, Jamaica, dan Tanzania yang bertindak sebagai tuan rumah. Delegasi Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Wahyu Priyono (BPK Perwakilan NTB), Welliya Elfajri (BPK Perwakilan Kalteng), dan Rakhmat Alfian (BPK Perwakilan Kalteng).

Acara dibuka oleh Mr. Juan M. Portal, CPA., Auditor General of Mexico and Chairman of the INTOSAI Working Group on Value and Benefits of SAIs. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing negara peserta dan diskuasi kelompok atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan menyepakati solusi yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan value dan benefit SAI di masing-masing negara.

Di akhir pertemuan, dihasilkan konsep Meeting Agreements and Conclusions yang akan terus disempurnakan oleh Tim Kecil WGVBS dan akan digunakan sebagai bahan pembahasan/rekomendasi dalam pertemuan INTOSAI di waktu yang akan datang. Perlu diketahui bahwa Working Group on Value and Benefits of SAIs (WGVBS) dibentuk pada kongres INCOSAI XIX di Mexico City pada tahun 2007. Tujuan pembentukan Working Group ini adalah menyusun kerangka kerja dan alat ukur untuk mendefinisikan value and benefits dari SAI sebagai upaya untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pertemuan INTOSAI Governing Board yang ke 60 tanggal 22 November 2010 di Johannesburg, Afrika Selatan menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Task Force SAI Data Base yang bertujuan untuk menciptakan database khusus dan terbaru yang berisi informasi dari para SAI anggota INTOSAI.

Pada bulan Juni 2011, BPK RI resmi bergabung dengan Task Force SAI Data Base. Task Force ini kemudian resmi dilebur dalam wadah INTOSAI WGVBS yang diketuai oleh SAI Mexico pada tahun 2014. BPK telah resmi bergabung dalam WGVBS terhitung sejak awal 2014.

Bagikan konten ini: