BERITA UTAMA

Executive Workshop on Performance Audit batch II

01 Maret 2017

Bertempat di Ballroom hotel JW Marriot Surabaya, Anggota V BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara membuka secara resmi Executive Workshop on Performance Audit batch II untuk eselon II Senin, tanggal 20 Februari 2017. Workshop yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 20-21 Februari 2017 merupakan rangkaian dari kegiatan Community on Practice Pemeriksaan Kinerja, kerjasama antara BPK RI dengan ANAO Australia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para Eselon II terhadap isu-isu yang berhubungan dengan perspektif strategis dan managerial dalam pemeriksaan kinerja.

Workshop batch 2 ini diikuti oleh 24 peserta eselon II dari kantor pusat maupun BPK perwakilan dan menghadirkan narasumber serta subject matter expert antara lain Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Pusat J. Widodo Hario Mumpuni, Senior Advisor ANAO Mr. Andrew Pope, Kepala Pusdiklat BPK RI Dwi Setiawan Susanto, Kepala Direktorat Penelitian dan Pengembangan, Gunarwanto dan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Yudi Ramdan Budiman.

Dalam workshop ini para eselon 2 mempresentasikan makalah atas 5 topik yang telah ditentukan yaitu (1) Perencanaan dan Penentuan Tema Pemeriksaan Kinerja Yang Sejalan Dengan Tujuan Bernegara, (2) Riset Pendahuluan dan Penentuan Area Kunci Pemeriksaan, (3) Pelaporan dan Rekomendasi dalam Pemeriksaan Kinerja, (4) Peran Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan Kinerja dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan, (5) Pemantauan Dampak Tindak Lanjut Pemeriksaan Kinerja Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintah yang baik.

Selain topik yang di paparkan oleh para peserta, terdapat juga sharing experience oleh Auditor Utama Keuangan Negara V Bambang Pamungkas dengan judul “Pemeriksaan Kinerja yang Berdampak bagi Masyarakat” yang berisikan success story pemeriksaan kinerja yang pernah dilakukan AKN V yaitu pemeriksaan kinerja PDAM dan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar negeri (TKI). Kemudian dilanjutkan paparan Kaditama Revbang, Slamet Kurniawan dengan topik “Mencapai Visi BPK melalui Peningkatan Kualitas dan Manfaat Hasil Pemeriksaan Kinerja BPK”, serta paparan Inspektur Utama, Mahendro Sumardjo dengan judul “Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan Kinerja”.

Pada sesi berikutnya Senior Advisor ANAO memberikan paparan terkait perspektif ANAO dalam perencanaan dan pelaporan pemeriksaan kinerja dan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional tentang perspektif INTOSAI dalam pemeriksaan kinerja.

Sebagai hasil dari kegiatan ini, telah disusun action plan mengenai hal-hal yang perlu dilaksanakan dalam rangka pengembangan pemeriksaan kinerja di BPK. Sebagai moderator dalam pembahasan action plan ini adalah Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Pusat Johanes Widodo Mumpuni dan Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto. Sebagai tindak lanjut kegiatan, diharapkan action plan ini dapat didiskusikan pada forum Eselon I dan disampaikan ke Badan untuk mendapatkan masukan dan arahan.

Dalam pidato penutupan Executive Workshop on Performance Audit batch II ini, Inspektur Utama menyampaikan perspektif beliau mengenai pengembangan pemeriksaan kinerja BPK RI ke depan dan berharap bahwa peningkatan kompetensi para top manajemen di BPK dapat meningkatkan kualitas pemeriksaan kinerja yang berdampak bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.