BERITA UTAMA

Gelar Pertemuan dengan Menteri LHK, BPK Ungkap Permasalahan Tahura Ngurah Rai

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar rapat koordinasi dan konsultasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga Menteri Agraria dan Tata Ruang, Bupati Kabupaten Badung, serta Walikota Denpasar. Rapat tersebut membahas hal terkait Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai di Bali.

Anggota IV BPK, Rizal Djalil dalam konferensi pers di kantor pusat BPK, Jakarta, Senin, 26 September 2016, mengatakan, bahwa BPK telah menyelesaikan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu terkait Tahura Ngurah Rai di Bali. "Dari pemeriksaan itu, BPK menemukan ada lahan atau kawasan yang digunakan oleh pihak-pihak yang tidak mengacu pada perundang-undangan," katanya.

BPK menemukan adanya pelanggaran di kawasan Tahura Ngurah Rai, Bali. Terdapat dua pihak swasta, 14 fasilitas publik milik pemerintah pusat dan BUMN, 16 perorangan/pribadi, serta satu desa adat yang menempati dan memakai kawasan Tahura tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya.

Oleh karena itu, BPK meminta agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah segera melakukan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Kita hanya berikan potret kepada pemerintah. BPK juga siap memfasilitasi penyelesaian masalah Tahura ini,” ucap Anggota BPK.

Selain Anggota BPK, hadir pula Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, Inspektur Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Yuswanda A. Temenggung, Bupati Kabupaten Badung, Giri Prasta, dan Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

Pada kesempatan tersebut, BPK dan Kementerian LHK serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang meminta agar para pihak terkait untuk segera menyelesaikan proses pinjam pakai Tahura. Khususnya untuk 14 fasilitas publik yang dimiliki oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga BUMN yang menempati kawasan Tahura.

Menteri LHK dalam kesempatannya mengatakan, bahwa permasalahan Tahura Ngurah Rai ini merupakan potret dari persoalan-persoalan kawasan di Indonesia. "Persoalan ini hampir terjadi di seluruh daerah. Saya terima kasih atas upaya BPK untuk memberikan arahan penyelesaian selanjutnya secara tuntas,” pungkasnya.

Bagikan konten ini: