BERITA UTAMA

Goes to Campus Wakil Ketua Jelaskan Peran dan Fungsi BPK

16 November 2017

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Bahrullah Akbar menyampaikan kuliah umum kepada civitas akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kuliah umum yang disampaikan Wakil Ketua BPK mengusung tema “Peran BPK dalam Mendukung Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara” ini berlangsung di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pada Kamis (16/11/2017), di Cilegon, Banten.

Di hadapan sekitar 200 orang peserta kuliah umum, Wakil Ketua BPK memaparkan mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK. Selain itu, disampaikan pula tentang visi dan misi BPK dalam mencapai tujuan bernegara.

Wakil Ketua BPK mengatakan, bahwa BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. “Dengan tugasnya tersebut, BPK memiliki peran memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat mewujudkan tujuan negara yang dicetuskan oleh para founding fathers yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada publik khususnya akademisi mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK serta tentang keuangan negara. Selain itu, diharapkan juga dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.