PENGUMUMAN

Jurnal Tata Kelola & Akuntabilitas Keuangan Negara (ISSN 2460-3937) Volume IV No 1, Edisi Jan - Jun 2018

05 Juli 2018

Pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel menjadi sebuah keniscayaan dalam menghadapi ketidakpastian global. Kebijakan pemerintah dalam mengelola keuangan negara tidak hanya bersifat reaktif, tetapi harus dapat menghadirkan kebijakan yang memberikan solusi dan antisipatif. Sumbangsih atau kontribusi para pemangku kepentingan keuangan negara tentunya sangat ditunggu publik. Dalam konteks kontribusi pemikiran terkait tata kelola dan akuntabilitas keuangan negara, pemerintah dapat menstimulasi literasi keuangan negara. Literasi diyakini dapat meningkatkan pengetahuan dan antusiasme publik terkait keuangan negara.

Penguatan kapasitas pengelolaan Jurnal TAKEN merupakan salah satu upaya memperbaiki literasi di bidang tata kelola dan akuntabilitas keuangan negara. Jurnal TAKEN Volume 4 Nomor 1 Juni 2018 ini diawali dengan artikel berjudul “Asumsi Kegiatan Strategis Untuk Roadmap Transformasi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.” Artikel ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang model transformasi BPK menggunakan metode Interpretive Structural Modeling (ISM). Dengan mengelaborasi tiga belas kelompok aktivitas transformasi BPK RI pada penelitian sebelumnya yang telah dimuat pada Jurnal TAKEN Volume 3 Nomor 2 tahun 2017, penelitian ini merumuskan 55 asumsi kegiatan strategis yang akan menjadi kegiatan dalam roadmap transformasi BPK RI.

Terkait dengan BPK, hingga saat ini publik selalu mengaitkan opini yang diberikan oleh BPK dengan kasus korupsi pada suatu daerah. Pendapat wajar tanpa pengecualian yang diberikan oleh BPK seharusnya mengindikasikan suatu kementerian atau daerah bebas dari penyimpangan dan korupsi. Namun kenyataannya masih banyak ketidakpatuhan yang terjadi di berbagai entitas pemerintah. Artikel berjudul “The Relationship Between The Audit Board of The Republic of Indonesia’s (BPK) Opinion With Regional Government Financial Report and Corruption” berusaha secara empiris untuk menguji pengaruh korupsi yang dilakukan oleh kepala daerah terhadap opini BPK dan membangun model hubungan terbaik antara opini BPK dengan korupsi yang dilakukan oleh kepala daerah.

Pemerintah daerah diberi kewenangan dalam mengelola daerahnya serta mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Aset tetap sebagai salah satu sumberdaya ternyata masih belum dikelola dengan baik, terbukti dengan temuan BPK atas aset tetap yang selalu ada pada Laporan Hasil Pemeriksaan BPK. Artikel “Pengaruh Inventarisasi Aset Terhadap Legal Audit dan Penilaian Aset” membahas tentang inventarisasi aset sebagai salah satu metode pengelolaan aset terhadap legal audit dan penilaian aset. Legal audit dan penilaian aset merupakan permasalahan aset yang sering terjadi. Penelitian dilakukan pada Pemerintah Kota Bandung.

Masih terkait dengan tindakan yang merugikan keuangan negara/daerah, berbagai instansi pemerintah berusaha memitigasinya dengan mengembangkan layanan pengaduan melalui whistleblowing system. Pengaruh sikap perilaku, norma subyektif, dan persepsi kontrol atas perilaku terhadap niat dan perilaku whistleblowing menggunakan Theory of Planned Behavior dibahas dalam artikel “Aplikasi Theory of Planned Behavior Dalam Mengukur Perilaku Whistleblowing Calon Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus Alumni LATSAR CPNS Kementerian Keuangan)”. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi atas kendala penerapan whistleblowing system.

Artikel terakhir yang berjudul “Meneropong Kebijakan Tax Amnesty Menurut Teori Economic Analysis of Law” membahas tentang bagaimana konsepsi lahirnya kebijakan pengampunan pajak yang diambil pemerintah. Penulis juga melakukan analisis menurut teori Economic Analysis of Law.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para kontributor atas sumbangan ide dan pemikirannya melalui artikel-artikel yang telah dikirim. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra bestari dan berbagai pihak yang telah membantu penerbitan jurnal ini. Kami menantikan partisipasi para pembaca jurnal serta pemerhati keuangan negara untuk menyalurkan ide, gagasan dan pemikirannya melalui artikel dengan lingkup terkait tata kelola & akuntabilitas keuangan negara.

Semoga artikel-artikel yang kami sajikan pada edisi Juni 2018 ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca serta menjadi referensi, baik untuk penelitian/karya tulis berikutnya maupun perumusan kebijakan.

» Unduh PDF