BERITA UTAMA

Ketua BPK Harapkan Peningkatan Kualitas Akuntan pada Pembukaan APAFest 2017

Di dunia yang makin transparan, peran akuntan dalam upaya penerapan governance dan akuntabilitas di berbagai sektor, akan semakin dibutuhkan. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bersama stakeholders, berkepentingan untuk meningkatkan kualitas akuntan profesional dan meningkatkan perannya di berbagai bidang, agar bisa menjamin terciptanya good governance dan transparansi.

Hal itu disampaikan oleh Moermahadi Soerja Djanegara, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (Ketua Dewan Penasehat IAI) dalam sambutannya di acara Aspiring Professional Accountant Festival (APAFest) 2017 yang diselenggarakan oleh IAI, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (14/10/2017).

“IAI sebagai organisasi profesi bertanggungjawab mengembangkan pengetahuan dan praktik akuntansi, manajemen bisnis dan publik yang berorientasi pada etika dan tanggung jawab sosial dalam perspektif nasional dan internasional,” ungkapnya dihadapan sekitar 1.500 peserta yang terdiri dari lulusan Chartered Accountant (CA) Indonesia, lulusan peserta beasiswa CA, lulusan sertifikasi IAI serta para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Ketua BPK juga mengharapkan Peserta dan Mahasiswa saling mengisi untuk mengukuhkan kompetensi dan kapabilitas individu, serta memastikan kemampuan dan daya saing entitas di masa depan. ”Para mahasiswa dan peserta, akan memiliki peluang besar bergabung di dalam entitas terkemuka yang akan menjamin perkembangan karir dan masa depannya. Profesi juga akan diuntungkan dengan semakin meningkatkan kompetensi dan kapabilitas para anggotanya,” pungkasnya.

APAFest merupakan terobosan penting dari IAI sebagai organisasi profesi akuntan terbesar di Indonesia, untuk mengakselerasi literasi akuntansi di kalangan entitas, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan entitas di masa depan.

Acara yang diinisiasi oleh profesi ini, mempertemukan entitas terkemuka di Indonesia dengan talent-talent terbaik generasi muda akuntan Indonesia. Diharapkan melalui IAI APAFest ini, akan tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara industri, profesi, dan para mahasiswa sebagai talent akuntasi terbaik di Indonesia.

Bagikan konten ini: