BERITA UTAMA

Ketua BPK menerima penghargaan ASOSAI Journal Award pada The 14th ASOSAI Assembly Meeting, di Hanoi, Vietnam.

Pada tanggal 19 sampai dengan 22 September 2018, Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara menghadiri The 14th ASOSAI Assembly meeting di Hanoi, Vietnam dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Bahtiar Arif, Kepala Biro Humas dan KSI, Juska Meidy Enyke Sjam, Kepala Bagian Sekretariat Ketua, Firdaus Amyar dan Kepala Subbagian INTOSAI, ASOSAI dan ASEANSAI.

Pertemuan yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali ini, dihadiri oleh 190 peserta dari 41 SAI anggota ASOSAI dan observer dari Ketua INTOSAI, Sekretariat INTOSAI dan perwakilan dari lembaga donor. ASOSAI Assembly meeting bertujuan untuk melaporkan kegiatan ASOSAI selama 3 tahun, pengesahan Ketua ASOSAI yang baru dan pemilihan anggota ASOSAI Governing Board untuk periode 3 tahun yang akan datang. Selain itu, dalam pertemuan ASOSAI Assembly ke-14 ini, akan disahkan juga transfer kesekretariatan ASOSAI dari SAI Korea ke SAI China.

Salah satu agenda dalam pertemuan ASOSAI Assembly ke-14 ini adalah penyerahan award atas best article yang dimuat dalam ASOSAI Journal. BPK dengan artikel berjudul “The role of SAIs to achieve more transparent, accountable and suistanable REDD+ scheme: the case of Indonesia” yang dimuat di ASOSAI Journal edisi April 2016, dinilai sebagai artikel terbaik yang dimuat di ASOSAI Jurnal periode 2015-2018 oleh Board of ASOSAI Journal Auditor yang terdiri dari SAI Filipina, Srilanka dan India. Artikel yang ditulis oleh Tri Darwata, pemeriksa AKN I, memperoleh skor 259 dari nilai maksimal 300 dan mengalahkann 30 artikel lainnya yang dipublikasikan di ASOSAI Journal pada tahun 2015, 2016 dan 2017. Dalam pertemuan ASOSAI Assembly ke-14 ini, Ketua BPK sebagai Ketua INTOSAI WGEA juga melaporkan progress kegiatan INTOSAI WGEA. Selain itu, BPK juga mengajukan diri untuk melanjutkan perannya sebagai anggota ASOSAI Governing Board periode 2018-2021 yang pemilihannya akan digelar dalam 2nd Plenary Session, pertemuan ASOSAI Assembly ke-14, pada 22 September 2018.

Bagikan konten ini: