BERITA UTAMA

Kunjungan Bilateral BPK RI ke CCA of Moscow

Moskow, 23 Agustus 2016. Dalam rangka implementasi kerja sama bilateral antara Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan the Chamber of Control and Accounts of Moscow (CCA of Moscow) di Rusia, Anggota V BPK RI, Dr. Moermahadi Soerja Djanegara dan delegasi BPK RI yang terdiri dari Tortama KN V, Bambang Pamungkas; Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman, serta delegasi lainnya melakukan kunjungan bilateral ke CCA of Moscow.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam rangka menguatkan, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan auditor kedua Audit Institutons, khususnya dalam bidang pemeriksaan pengadaan barang dan jasa, pemeriksaan konstruksi, dan pemeriksaan kinerja.

Dalam sambutannya, Anggota BPK menyampaikan, bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Ketua BPK RI pada 30 Juli 2015 ke kantor The Chamber of Control and Accounts of Moscow (CCA of Moscow) untuk menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang audit keuangan Pemerintah Daerah. Sementara, Chairman CCA of Moscow, Dvurechenskikh, V.A menyampaikan bahwa merupakan hal yang sangat penting untuk dapat bekerjasama dengan BPK RI dan saling bertukar gagasan.

Pada akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani minute of meeting yang antara lain berisi kepakatan untuk melakukan implementasi kerja sama bilateral dengan mengangkat topik sebagai berikut:

  • Audit on Regional Government Financial Report
  • Audit on Regional-Owned Enterprises
  • Audit on Public Hospital
  • Audit on Regional Revenues
  • The Analysis of Practices of Administrative and Judicial Proceedings

Melalui kunjungan ini, kedua belah pihak banyak mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman, khususnya yang terkait dengan (tiga) pemeriksaan tersebut di atas. Selanjutnya, implementasi bilateral berikutnya akan diselenggarakan pada tahun 2017 di Indonesia.

Bagikan konten ini: