BERITA UTAMA

Kunjungan Bilateral BPK RI ke SAO Republik Ceko

Praha, 25 Agustus 2016. Dalam rangka implementasi bilateral antara Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan Supreme Audit Office of Republik Ceko (SAO Rep. Ceko), BPK RI melakukan kunjungan bilateral ke SAO Rep. Ceko pada tanggal 25 s.d 27 Agustus 2016. Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis, didampingi Anggota III BPK, Profesor Eddy Mulyadi Soepardi, Inspektur Utama, Dr. Mahendro Sumardjo, dan delegasi BPK lainnya.

Kunjungan ini diawali dengan penandatangan renewal Nota Kesepahaman oleh Ketua BPK RI dan Presiden SAO Rep. Ceko, Mr. Miloslav Kala, disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko, HE Dr. Aulia Aman Rachman pada 25 Agustus 2016. Dilanjutnya dengan Seminar Bilateral tentang pertukaran pengalaman dalam hal kelembagaan dan pemeriksaan. Profesor Eddy Mulyadi Soepardi menyampaikan paparannya tentang Kelembagaan dan Organisasi BPK, sedangkan dalam bidang Pemeriksaan Kinerja atas Manajemen Aset, Pengadaan Barang serta Pemeriksaan Bidang Pendidikan dan Kesehatan dipaparkan oleh Pemeriksa dari AKN II dan AKN VI.

Pada 26 Agustus 2016 malam hari, Ketua BPK dan Anggota III BPK melakukan tatap muka dengan masyarakat Indonesia di Wisma KBRI. Dalam kesempatan ini, Ketua BPK menyampaikan pentingnya peran BPK dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan transparan untuk mewujudkan suatu masyarakat yang makmur. “Kemakmuran suatu bangsa sangat erat kaitannya dengan Kedaulatan Negara” tidak bisa dipungkiri.

Melalui kegiatan Seminar Bilateral ini, kedua belah pihak banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan best practice terkait 4 bidang pemeriksaan tersebut diatas. Serta diharapkan dapat meningkatkan kerjasama bilateral yang saling menguntungkan antara BPK RI dn SAO Rep. Ceko kedepannya.

Bagikan konten ini: