BERITA UTAMA

Kunjungan Parlemen Republik Ceko dan SAO Czech ke Museum BPK RI

Museum BPK RI dan Cultural Visit ke Candi Borobudur menjadi tujuan selanjutnya dalam rangkaian kunjungan Delegasi Parlemen Republik Ceko dan SAO Czech ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Bertindak sebagai Ketua Delegasi adalah Wakil Ketua Parlemen Republik Ceko, Mr. Jan Bartosek yang didampingi Wakil Presiden Supreme Audit Office of Czech (SAO Czech), Ms. Zdenka Hornikova.

Setelah berkunjung ke BPK RI Perwakilan Provinsi D.I Yogyakarta, DPRD Provinsi D.I Yogyakarta dan bertemu dengan Gubernur Provinsi D.I Yogyakarta, Delegasi berkesempatan mengunjungi Museum BPK RI yang terletak di Magelang. Kunjungan tersebut didampingi oleh Anggota V BPK, Isma Yatun, beserta Kepala Perwakilan BPK Provinsi DI. Yogyakarta, Yusnadewi, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah, Heri Subowo, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman. Dalam kesempatan tersebut, Delegasi mendapatkan penjelasan dari Kepala Biro Humas dan KSI mengenai sejarah perjalanan BPK sejak tahun 1947, koleksi yang dimiliki, baik berupa realia (benda asli) dan juga replika. Museum tersebut memiliki konsep modern dengan dukungan teknologi informasi yang dimaksudkan agar pengunjung tidak hanya membaca koleksi, tetapi juga melihat film melalui media audio video yang ada dan juga pembelajaran interaktif dari perangkat teknologi informasi yang disediakan.

Mengakhiri rangkaian kegiatan, Delegasi mengunjungi Candi Borobudur yang merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Delegasi sangat tertarik dengan bangunan Candi yang berbentuk Stupa. Candi Borobudur memiliki tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha, yang terdiri dari Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam kunjungannya ini Delegasi terlihat menyaksikan relief-relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Bagikan konten ini: