BERITA UTAMA

Kunjungan Wakil Ketua BPK ke Kantor SAI Polandia di Warsawa dan Krakow Polandia

Dalam rangka mempererat kerja sama dengan SAI Polandia (NajwyzszaIzba Kontroli - NIK), Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar melakukan kunjungan bilateral ke kantor pusat NIK di Warsawa dan Kantor Perwakilan NIK di Krakow Polandia pada tanggal 8 – 9 Juli 2019.

Mengawali pertemuan, Wakil Ketua BPK melakukan courtesy call kepada Presiden NIK Krzysztof Kwiatkowski, sekaligus office tour langsung oleh Kwiatkowski yang menjelaskan mengenai sejarah NIK dan struktur organisasinya. Acara dilanjutkan dengan pembahasan draf hasil peer review terhadap BPK tahun 2019 dengan ketua tim Piotr Prokopczyk.

Peer review ini telah dilakukan secara joint team oleh tiga SAI yaitu NIK Poland, Riksrevisjonen Norway, dan Riigikontroll Estonia. Peer review dilaksanakan sesuai dengan ketentuan UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) 2017 yang menyatakan bahwa peer review dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun guna menjamin mutu pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan oleh BPK telah sesuai dengan standar.

Laporan hasil peer review ini akan diserahkan ke BPK pada minggu ketiga Agustus 2019. Pertemuan selanjutnya adalah seminar bilateral yang membahas topik legal service for audit matters dan internal control standards. Delegasi BPK mendapat masukan antara lain mengenai system kolegial pengambilan keputusan perencanaan, akses informasi pemeriksa, mekanisme penjaminan mutu berjenjang NIK sebelum laporan pemeriksaan final ditandatangani oleh Ketua, termasuk publikasi rencana kerja dan hasil pemeriksaan.

Kegiatan hari berikutnya adalah kunjungan ke Kantor Perwakilan (NIK regional branch) wilayah Krakow. Bahrullah Akbar diterima langsung oleh Head of regional branch of Krakow. Pada pertemuan ini delegasi BPK mendapat penjelasan mengenai pengalaman regional branch Krakow dalam audit manajemen polusi udara, termasuk menjadi koordinator joint audit untuk topik yang sama dalam wadah EUROSAI WGEA.

Delegasi juga melakukan kunjungan ke KBRI Warsawa dan diterima langsung oleh Dubes Siti Nugraha Mauludiah. Pertemuan ini bertujuan menyamakan persepsi dan komitmen sinergi dalam rangka mendukung peran BPK mempromosikan tata kelola yang baik, transparansi dan akuntabilitas keuangan sector publik di lingkup nasional, regional maupun internasional. Dalam kunjungan ini, Wakil Ketua BPK didampingi oleh Inspektur Pemeriksaan Internal dan Mutu Kelembagaan Maulana Ginting, Kepala Bagian Kerjasama Internasional Wahyudi, Kepala Subdirektorat Pengembangan Hukum Sarmauli Marpaung, dan Kepala Bidang Pemeriksaan Internal dan Mutu Kelembagaan, Sainem.

Bagikan konten ini: