BERITA UTAMA

Pemancangan Tiang Pertama Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltara

08 Oktober 2018

Pekerjaan pembangunan gedung kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dimulai, hal ini ditandai dengan dilakukannya pemancangan tiang pertama atau goundbreaking di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Senin (8/10).

Pemancangan tiang pertama ini secara simbolis dipimpin oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa dan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kaltara, Karyadi.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beserta jajaran di lingkungan BPK Perwakilan Kaltara dan Pemerintah Provinsi Kaltara.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Kalan BPK, kantor yang dibangun diatas tanah seluas 13.729 m2 ini cukup representatif dan strategis, karena berada di jalan utama yaitu Jl. Mulawarman Kota Tarakan dan dekat dengan bandar udara. Direncanakan gedung dengan total luas lantai 5.030 m2 dan dibangun secara multiyears ini akan dibangun setinggi 4 lantai untuk gedung kantor serta 2 lantai untuk gedung penunjang (ruang auditorium dan ruang arsip).

Sementara itu, Ketua BPK dalam sambutannya menyampaikan bahwa gedung kantor BPK Perwakilan mutlak diperlukan untuk mendukung kinerja pegawai. "Selain jumlah pegawai bertambah, sarana dan prasarana di kantor BPK Perwakilan juga belum ideal, oleh karena itu gedung yang representatif dan ideal akan mendukung kinerja para pegawai," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua BPK menekankan agar pelaksana pembangunan dapat bekerja tepat waktu sesuai ketentuan. Selain itu, dirinya juga berpesan agar Kalan BPK Kaltara dan jajarannya memantau pembangunan dengan sebaik-baiknya. Sehingga gedung kantor ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sinergi antara BPK dengan para pemilik kepentingan dengan tetap berpegang teguh kepada Independensi, Integritas, dan Profesionalisme.