BERITA UTAMA

Pemeriksa Se-ASEAN Mengenal dan Mendalami Pemeriksaan Investigasi

Jakarta, (28/8) : Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang bekerjasama dengan Asosiasi Lembaga Pemeriksa Negara-negara ASEAN (ASEANSAI) pada hari ke-dua penyelenggaraan Workshop on Fraud Audit Investigation, sesi pertama membahas topik mengenai Penilaian Awal pada Kasus Kecurangan (Fraud) antara lain membahas mengenai “Menilai Tuduhan dan Mengidentifikasi Transaksi Kecurangan dengan narasumber Somathut Nithithrirut dari Supreme Audit Institution (SAI) Thailand dan Dir. Bresilo R. Sabaldan dan Billy Joe Ivan D. Darbin dari SAI Filipina.

Pada sesi kedua topik yang dibahas adalah mengenai Perencanaan Pelaksanaan Audit Investigasi. Selain paparan dari para narasumber, workshop ini juga akan diisi dengan studi kasus dan diskusi. Tampak seluruh peserta mengikuti kegiatan workshop ini dengan aktif dan antusias.

Worskhop ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam audit kecurangan, untuk menjadi SAI yang lebih kompeten, khususnya di bidang audit investigasi. Kecurangan (fraud) mempengaruhi penggambaran fakta yang disengaja dan / atau informasi penting untuk memperoleh keuntungan yang tidak semestinya atau keuntungan finansial yang tidak sah. Investigasi penyidikan mencoba untuk menentukan apakah penipuan telah terjadi dan mencoba untuk mendeteksi bukti jika penipuan telah terjadi.

Bagikan konten ini: