BERITA UTAMA

Pemerintah Memberikan Tanggapan atas Konsep Hasil Pemeriksaan BPK

14 Mei 2018

Sejak pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2004 sampai dengan 2017, pemerintah dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah bersama-sama bekerja keras untuk menjalankan tugas dan kewenangan masing-masing secara proporsional. Untuk itu diharapkan hal ini perlu dijaga dan ditingkatkan dalam penyelesaian pemeriksaan LKPP Tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dalam sambutannya dalam kegiatan Penyampaian Tanggapan Pemerintah atas Konsep Hasil Pemeriksaan (KHP) dan Asersi Final Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2017 serta Exit Meeting Pemeriksaan LKPP Tahun 2017 di Kantor Pusat BPK, pada Senin (14/5).

Sebagai wujud pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, BPK telah melakukan pemeriksaan atas LKPP Tahun 2017 serta LKBUN dan LKKL Tahun 2017. Selama proses pemeriksaan BPK telah berupaya untuk mengumpulkan bukti pemeriksaan berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh untuk dapat memberikan kesimpulan yang obyektif atas kualitas LKPP Tahun 2017.

Seluruh pejabat kementerian dan lembaga telah memberikan data, dokumen dan informasi yang diperlukan sebagai wujud komitmen bersama, untuk membangun transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Fakta-fakta yang ditemukan beserta rekomendasinya telah dimuat dalam konsep laporan hasil pemeriksaan atas LKPP Tahun 2017 yang telah disampaikan kepada pemerintah. Hal ini sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara yang mengatur bahwa BPK harus mengkomunikasikan hasil pemeriksaannya kepada entitas yang diperiksa untuk memperoleh tanggapan resmi. Tanggapan pemerintah tersebut diperlukan untuk memberikan informasi yang obyektif dalam laporan hasil pemeriksaan BPK. Oleh karena itu BPK mengharapkan agar forum ini dapat menjadi media komunikasi yang efektif antara pemerintah dan BPK.

Setelah tanggapan pemerintah diperoleh, BPK akan segera menyelesaikan penyusunan laporan untuk selanjutnya disampaikan kepada DPR. Sebagaimana diketahui bahwa hasil pemeriksaan ini adalah berupa opini atas LKPP Tahun 2017.

“Saat ini harapan dan perhatian masyarakat terus meningkat terhadap opini BPK atas laporan keuangan, karena opini BPK merupakan tolok ukur kualitas laporan keuangan. Masyarakat dapat menilai tingkat transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menyediakan informasi terkait dengan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara pada publik”, jelas Ketua BPK.

Selain Ketua BPK hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK, Achsanul Qosasi, dan Anggota VII BPK, Eddy Mulyadi Soepardi, sedangkan dari pemerintah hadir dalam kegiatan ini Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, dan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo.