BERITA UTAMA

Penandatanganan Amandemen ASEANSAI Agreement

09 Desember 2016

Pada 8 Desember 2016, Dr. Harry Azhar Azis bersama seluruh ketua BPK se-Asia Tenggara (ASEANSAI) menandatangani perubahan Agreement ASEANSAI disela-sela penyelenggaraan XXII INCOSAI 2016 di Abu Dhabi National Exhibition Center, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab.

Setelah melewati proses selama tiga tahun sejak 2013, seluruh anggota ASEANSAI setuju untuk merestukturisasi ASEANSAI Sekretariat dengan masa jabatan lebih lama yaitu enam tahun dan penambahan pasal perlindungan atas hak kekayaan intelektual.

Perubahan Agreement ASEANSAI dipicu oleh kebutuhan ASEANSAI untuk memiliki Sekretariat yang kuat untuk menjaga kelestariannya. Sebagai organisasi yang didirikan baru, ASEANSAI harus didukung oleh Sekretariat yang berperan sebagai motor penggerak organisasi melalui manajemen pengetahuan, manajemen proyek, komunikasi dan administrasi hubungan eksternal terutama dengan donor serta manajemen event.

Selama tiga tahun terakhir, ASEANSAI Sekretariat terbagi menjadi ASEANSAI Secretariat Function dan Administration Function. ASEANSAI Sekretariat Fuction dikelola oleh BPK RI sedangkan Administration Function dikelola oleh SAI Brunei Darussalam (2013 – 2015) dan SAI Kamboja (2016).

Dalam laporannya kepada seluruh anggota ASEANSAI, Hendar Ristriawan sebagai Head of ASEANSAI Secretariat Function menyampaikan bahwa penandatanganan amandemen ini adalah prestasi yang luar biasa dari ASEANSAI yang telah melalui perjalanan panjang dan tantangan sejak tahun 2013 hingga akhirnya seluruh anggota ASEANSAI setuju untuk menandatangani perubahan Agreement. Beliau juga menyampaikan bahwa akhirnya ASEANSAI memiliki pandangan yang sama bahwa organisasi ini membutuhkan kekuatan pendorong yang kuat untuk tumbuh dan mendukung capacity building para anggotanya.