BERITA UTAMA

Pengembangan Kapasitas Pemeriksaan Kinerja bagi Auditor BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui kerja sama BPK - ANAO

Pada 27 s.d. 28 Agustus 2018, Biro Humas dan Kerja Sama Internasional dan Direktorat Litbang menyelenggarakan Workshop Pemeriksaan Kinerja serta asistensi Pemeriksaan Kinerja atas Pengelolaan Dana Desa bagi para auditor di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja di BPK Perwakilan Provinsi NTT. Hadir sebagai narasumber adalah Senior Advisor ANAO, Andrew Pope, Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Kinerja I, Nico Andrianto, dan staf Litbang Pemeriksaan Kinerja I.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT, Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan harapan agar melalui kegiatan ini, para auditor dapat meningkatkan pemahaman khususnya terkait penetapan audit scope pemeriksaan kinerja.

Sebagai agenda pertama workshop, narasumber dari Direktorat Litbang menyampaikan paparan mengenai revisi petunjuk pelaksanaan (juklak) pemeriksaan kinerja, teknik sampling, perumusan kesimpulan pemeriksaan kinerja, dan petunjuk teknis (juknis) penyusunan laporan hasil pemeriksaan kinerja. Selanjutnya, pada sesi siang Senior Advisor ANAO menyampaikan paparan mengenai pemeriksaan kinerja yang efektif dan memberikan dampak positif melalui pemilihan scope pemeriksaan yang strategis.

Pada hari kedua, para narasumber melakukan pendampingan teknis bagi Tim Pemeriksaan Kinerja atas Pengelolaan Dana Desa. Pada sesi ini, empat tim pemeriksa menyampaikan paparan terkait hasil pemeriksaan pendahuluan kinerja atas pengelolaan dana desa yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil paparan, para narasumber melihat bahwa keempat tim pemeriksa telah memiliki fokus pemeriksaan yang sama yaitu menilai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Para expert juga memberikan masukan agar tim memperluas fokus pemeriksaan dengan menekankan pada sudut pandang pemangku kepentingan.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terkait pemeriksaan kinerja bagi para auditor di BPK Perwakilan Provinsi NTT guna menghasilkan laporan hasil pemeriksaan kinerja yang efektif, berkualitas dan memberikan dampak positif bagi perbaikan kinerja entitas ke depannya.

Bagikan konten ini: