BERITA UTAMA

Penguatan Kesekretariatan ASEANSAI dengan OLACEFS Asosiasi SAI se Amerika Latin dan Karibia

Selama tiga hari delegasi BPK RI dari tanggal 23 Maret s.d. 25 Maret 2015 mengadakan studi penguatan kesekretariatan ASEANSAI pada Sekretariat OLACEFS di Santiago Chile. Delegasi dipimpin oleh Harry Azhar Azis, Ketua BPK RI yang didampingi Hendar Ristriawan Sekretaris Jenderal, Yudi Ramdan Kepala Biro Humas dan KSI, dan Aulia Rachmat Kepala Bagian Sekretariat Ketua. Kunjungan ini juga didampingi oleh Jana Leutner dari GIZ yang mendukung studi banding pada SAI Chile.

OLACEFS adalah asosiasi regional Supreme Audit Institution (SAI) se Amerika Latin dan Karibia yang beranggotakan 22 SAI. Ketua OLACEFS sekarang dipegang oleh SAI Brasil dan SAI Chile sebagai Sekretariat Eksekutif OLACEF mulai tahun 2012 s.d. 2018. OLACEFS telah berdiri sejak tahun 1963, cukup matang dibandingkan dengan ASEANSAI yang baru berusia hamper 4 tahun.

Hasil studi selama tiga hari tersebut memberikan suatu pembelajaran yang berguna bagi penguatan kapasitas ASEANSAI khususnya bagi Sekretariat ASEANSAI yang sekarang masih dipegang bersama oleh BPK RI dan SAI Brunei. Terlebih lagi terkait rencana revisi ASEANSAI Agreement yang menekankan perlunya adanya “longer-term secretariat” yang akan diputuskan pada ASEANSAI Summit November 2015 di Pnom Penh Cambodia.

SAI Chile sebagai Sekretariat OLACEFS menjelaskan bahwa kunci keberhasilan asosiasi regional adalah kuatnya fungsi kesekretariatan yang menjaga proses bisnis rutin dan komunikasi antar anggotanya. SAI Chile juga menggambarkan pengelolaan komunikasi internal dan eksternal dan knowledge management system (KMS). Selain itu administrasi keuangan dan pola pertanggungjawaban serta mekanisme hubungan dengan donor menjadi bahan diskusi yang menarik yang dapat menjadi referensi ASEANSAI kedepan.

Bagikan konten ini: