BERITA UTAMA

Pertemuan Pimpinan Lembaga Bahas Percepatan Pembangunan

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis beserta para Pimpinan Lembaga Negara melakukan pertemuan dengan Presiden RI dan Wakil Presiden RI di Istana Merdeka, Jakarta, 14 Januari 2015. Pertemuan antara Presiden dan pimpinan lembaga negara merupakan agenda rutin dan telah dilakukan beberapa kali.

Hal-hal yang dibahas pada pertemuan kali ini berkaitan dengan infrastruktur diantaranya mengenai percepatan dan pemerataan pembangunan agar tidak terjadi ketimpangan.

Pada pertemuan tersebut, Ketua BPK menyampaikan berbagai usulan terkait dengan peningkatan kesejahteraan. “Saya tadi juga minta ada rincian kesepakatan mengenai indikator kesejahteraan rakyat, apakah penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan pendapatan, ataukah Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ungkap Ketua BPK.

Untuk itu, BPK mengharapkan agar Presiden dapat mendorong Bappenas untuk merumuskan mengenai cakupan dan kedalaman Indeks Kesejahteraan Rakyat yang digunakan oleh Pemerintah. Ketua BPK berharap, hal tersebut dapat dibicarakan lebih lanjut secara intensif.

Sementara itu, terkait dengan terbitnya Peraturan Presiden No.192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ketua BPK berharap agar Presiden mendorong Pimpinan BPKP berkonsultasi dengan BPK untuk dapat bersama-sama mensinergikan fungsi pengawasan dan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. “Saya tadi minta ke Presiden agar mendorong BPKP untuk berkonsultasi kepada BPK dalam implementasi Perpres 192, sehingga pengawasan bias berjalan lebih efisien dan efektif, dan dapat dihindarinya tumpang tindih,” tegas Ketua BPK.

Pertemuan ini dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla Ketua MK Arief Hidayat, Ketua BPK, Harry Azhar Azis, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua KY Suparman Marzuki, Ketua DPR Setya Novanto.

Bagikan konten ini: