BERITA UTAMA

Pertemuan Pimpinan Lembaga Negara Bahas Pemilu

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Hasan Bisri melakukan pertemuan dengan Presiden RI, Wakil Presiden RI dan para Pimpinan Lembaga Negara di Kantor Mahkamah Konstitusi, Jakarta, 18 Juli 2014. Pertemuan tersebut membahas mengenai proses rekapitulasi hasil pemilu yang sedang berlangsung serta penyelesaian sengketa jika terjadi pada hasil pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva selaku tuan rumah pertemuan tersebut menyampaikan komitmen pimpinan lembaga negara untuk menjaga independensi KPU dalam menetapkan hasil pemilu Presiden dan Wakil Presiden. "Jika nanti ada sengketa di MK, maka Pimpinan Lembaga Negara sepakat untuk menjaga independensi MK dalam memutus dan mengadili sengketa tersebut," ungkap Ketua MK bersama Presiden, Wakil Ketua BPK RI dan Pimpinan Lembaga Negara ketika menyampaikan hasil kesepakatan pertemuan kepada awak media.

Pada pertemuan itu, disepakati juga komitmen untuk ikut mengamankan, mengawal dan mengawasi suara rakyat hingga penetapan hasil pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 22 Juli 2014 mendatang. Dengan menjaga kemurnian suara rakyat, diharapkan suksesi kepemimpianan nasional berlangsung dengan aman dan damai sampai dengan terbentuknya pemerintahan baru.

Kepada kedua Capres dan Cawapres serta seluruh pihak, para Pimpinan Lembaga Negara berpesan agar dapat menerima hasil pilpres dengan lapang dada. Apabila terdapat pihak yang keberatan dengan hasilnya, para Pimpinan Lembaga Negara menghimbau agar pihak yang keberatan menempuh mekanisme konstitusional.

Wakil Ketua BPK RI, Presiden RI dan para Pimpinan Lembaga Negara lainnya juga memberikan apresiasi atas kinerja penyelenggara pemilu yang telah menjalankan tugas konstitusional dengan baik. Apresiasi juga diberikan kepada Pemerintah, Lembaga Negara, TNI, Polri dan seluruh rakyat Indonesia yang telah berperan aktif mewujudkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

Pertemuan ini dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI Boediono, Ketua MK Hamdan Zoelva, Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto, Ketua DPR RI Marzuki Alie, Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, Wakil Ketua BPK RI Hasan Bisri, Ketua KPU Husni Kamil Manik, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu Muhammad.

Bagikan konten ini: