BERITA UTAMA

Prof Eddy Mulyadi pimpin delegasi BPK dalam pertemuan Kelompok Kerja Pemberantasan Korupsi dan Pencucian Uang di Bonn Jerman

Pada Pertemuan ke 10 INTOSAI Working Group on Fight Against Corruption and Money Laundering (WGFACML), Delegasi BPK dipimpin oleh Anggota III Prof Eddy Mulyadi Soperadi yang hadir sebagai anggota Working Group untuk menghasilkan beberapa pedoman pemeriksaan bagi para pemeriksa di anggota INTOSAI di dunia. Pertemuan yang diselenggarakan di kantor Bundes Rechnungshof (BPK Jerman) Bonn Jerman berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 29 September 2016.

Kelompok Kerja INTOSAI ini telah menyiapkan beberapa draft pedoman yang akan membantu lembaga-lembaga pemeriksa. Konsep pedoman mencakup pedoman ke-1 “Enhancing Good Governance for Public Asset”, pedoman ke-2 “The Audit of Corruption Prevention in Government Agencies”, pedoman ke-3 “Stolen Assets Recovery”, pedoman ke 4 “Fight against Money Loundering”.

Tujuan dan manfaat dari penyusunan pedoman ini adalah memastikan lembaga-lembaga pemeriksa di dunia memiliki kapasitas dan kemampuan untuk memeriksa kebijakan, sistem dan implementasi pemberantasan korupsi dan pencucian uang di masing-masing negara. Bagi Indonesia khususnya BPK RI pertemuan dan proses penyusunan pedoman audit ini akan mendorong upaya BPK untuk berperan aktif dalam pemberantasan korupsi.

Bagikan konten ini: