BERITA UTAMA

Rapat Koordinasi Teknis Auditorat Keuangan Negara VI BPK

Dalam upaya meningkatkan keseragaman perlakukan pemeriksaan dan peningkatan integritas, independensi dan profesionalisme pemeriksa, Auditorat Keuangan Negara VI melangsungkan rapat koordinasi yang dihadiri oleh para pemeriksa di lingkungan AKN VI dan perwakilan di wilayah Timur. Acara yang berlangsung pada tanggal 10 s.d. 12 November 2015 di Kota Batam tersebut dihadiri oleh Anggota VI BPK, Bahrullah Akbar yang juga membuka acara secara resmi, Auditor Utama KN VI, Sjafrudin Mosii, Inspektur Utama, Mahendro Sumardjo, Kaditama Revbang, Bahtiar Arif serta para Kepala Auditorat dan Kepala Perwakilan BPK wilayah Timur.

Melalui sambutannya, Anggota VI BPK mengharapkan penerapan SAP berbasis akrual baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan transparansi, tata kelola dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Untuk itulah, rapat koordinasi teknis kali ini kembali mengundang pihak-pihak yang berkompeten dalam penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual, diantaranya BPKP dan Kemendagri.

Sehubungan dengan telah disusunnya Renstra BPK periode tahun 2016-2020, Auditor Utama KN VI menyampaikan bahwa fokus pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK harus dapat menyelaraskan rencana pemeriksaan dengan program-program yang telah disusun pemerintah. Sehingga melalui pelaksanaan rapat koordinasi teknis, setiap unit kerja di AKN VI diharapkan mempunyai visi, misi dan tujuan yang sama.

Selain itu, rakornis juga bertujuan untuk menyusun rencana pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah yang berada di bawah tanggung jawab AKN VI terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Tahun 2016, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pendidikan dan kebudayaan, pemeriksaan kinerja pemerintah daerah, quality assurance LHP BPK, serta kebutuhan SDM dan sarana prasarana di BPK perwakilan wilayah Timur.

Bagikan konten ini: