BERITA UTAMA

Saatnya BPK Buka Secondment Bagi State Audit of Vietnam

04 September 2017

Pada tanggal 4 September 2017, Tortama KN VI, Dori Santosa menerima kunjungan dua pemeriksa dari State Audit Office of Vietnam (SAV) yang akan melaksanakan program secondment pemeriksaan kinerja di BPK selama dua minggu. Dua pemeriksa tersebut adalah Mr. Le Doan Hoai (Kepala Divisi Pemeriksaan Lingkungan) dan Ms. Vu Thi Thanh Hai (Kepala Divisi Pemeriksaan Kinerja).

Program secondment ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama antara BPK-SAV sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani sejak 15 November 2011.

Turut hadir pula dalam acara kortesi tersebut, Kaditama Revbang, Slamet Kurniawan, Kadit Litbang Gunarwanto, dan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Wahyudi.

Sejak penandatanganan MoU sampai dengan sekarang, BPK telah secara aktif berperan serta dalam pengembangan kapasitas pemeriksaan di SAV Vietnam. BPK telah mengirimkan delegasi dalam berbagai traning dan workshop di Hanoi, Vietnam. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan yang diselenggarakan tersebut, SAV mengajukan permohonan untuk dapat mengirimkan pemeriksanya belajar metodologi pemeriksaan kinerja di BPK.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pusdiklat, Dwi Setiawan di Pusdiklat BPK Kalibata. Selama dua minggu, para secondee SAV Vietnam ini akan belajar mengenai metodologi pemeriksaan kinerja BPK, serta memperoleh pengalaman dalam perencanaan pemeriksaan dan pemeriksaan lapangan. Para Subject Matter Expert yang akan mendampingi para secondee berasal dari AKN VI, Subdirektorat Litbang Kinerja dan Inspektorat PKMP.

Para secondee SAV tersebut akan mengikuti beberapa tahap pemeriksaan kinerja pada sektor kesehatan yaitu pada pemeriksaan kinerja manajemen obat di AKN VI. Selain mendapat kesempatan mengikuti pemeriksaan kinerja di Jakarta, para secondee juga melakukan site visit di Rumah Sakit Wahidin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan program secondment pemeriksaan kinerja ini merupakan bukti bahwa BPK telah diakui kiprahnya oleh dunia Internasional. Jika sebelumnya, BPK mengirimkan pemeriksa ke Supreme Audit Institution (SAI) lain untuk mempelajari metodologi dan pelaksanaan pemeriksaan kinerja, maka saat ini BPK telah berada pada level sebagai host untuk membagi keahlian dan pengetahuan tentang pemeriksaan kinerja kepada pemeriksa dari negara lain.